Gesture mahasiswa berdasarkan aktivitas metakognitif dalam pembuktian matematis / Yulia Izza El Milla - Repositori Universitas Negeri Malang

Gesture mahasiswa berdasarkan aktivitas metakognitif dalam pembuktian matematis / Yulia Izza El Milla

Milla, Yulia Izza El (2016) Gesture mahasiswa berdasarkan aktivitas metakognitif dalam pembuktian matematis / Yulia Izza El Milla. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK El Milla YuliaIzza. 2015. GestureMahasiswaBerdasarkanAktivitasMetakognitifdalamPembuktianMatematis.Tesis. Program StudiPendidikanMatematika PascasarjanaUniversitasNegeri Malang. Pembimbing (I) Dr. Subanji M.Si (II) Drs. Tjang Daniel Chandra M.Si Ph.D. Kata kunci gesture metakognisi pembuktianmatematis mahasiswa diskusi. Penelitianinibertujuanuntukmendeskripsikangesture dalamaktivitasmetakognitifsehinggaberfokuspadagesture yang munculdalamsuatuaktivitasmetakognitif. Hal inididasarkanpadafaktabahwagestureberkaitaneratdengankognisi.Gesturemenggambarkanbagaimanaseseorangberpikirdanberbicaramatematis.Metakognisimerupakanpengetahuandankesadaranseseorangakankognisinya.Dengandemikian terdapatketerkaitanantaragesturedenganmetakognisi. Aktivitasmetakognitif yang ditelitimerupakanaktivitasmetakognitifdalamkontekssosial. Hasildiperolehdari 6 subjek yang dibagimenjadi 3 kelompok. Setiapkelompoksubjekdiberikantugassoalpembuktianmatematisbersifat non-spasial.Setiapkelompoksubjekdianjurkanuntukberdiskusidalammenyelesaikantugaspembuktianmatematis yang diberikan. Subjek yang dipilihmerupakanmahasiswa S1 pendidikanmatematika di UniversitasNegeri Malang yang telahmenempuhmatakuliahmengenaipembuktianmatematis. Subjekmelakukanthink aloud padasaat proses diskusiuntukmendeteksigesture danaktivitasmetakognitif yang muncul. Klasifikasiaktivitasmetakognitifdalamkonteksproblem-solvingyang ditelitidikodekankedalam 3 macamberdasarkanklasifikasi Wilson yaitu metacognitive awareness metacognitive regulation danmetacognitive evaluation. Indikatoraktivitasmetakognitif yang digunakanuntukmenglasifikasikanaktivitasmetakognitif yang munculdidasarkanpadaindikator yang disusunolehMagieradanZawojewski. Gesture yang ditelitidikodekanmenjadi 4 macamberdasarkanklasifikasi McNeill yaitu iconic gesture metaphoric gesture deixis gesture dan tempo (beat gesture). Hasilanalisismenunjukkandiperoleh total 333 gesture dalamaktivitasmetakognitif yang munculselama proses diskusidariketigakelompok. Iconic gesture metaphoric gesture dandeixis gesturemunculsecaralengkapdidampingiolehaktivitasmetacognitive awareness metacognitive regulation danmetacognitive evaluationpadamasing-masingkelompok.Indikatoraktivitasmetakognitif yang dipenuhiolehtiapkelompokberbedaantarakelompoksatudengan yang lain.Temuanpenelitianmenunjukkanbahwagesture yang munculmengindikasikanterjadinyaaktivitasmetakognitifpadasubjek. Hasilinimenyatakanbahwagesturedapatdigunakansebagaiindikatordalammengidentifikasiaktivitasmetakognitif yang sedangterjadidalampikiranseseorang.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Matematika (MAT) > S2 Pendidikan Matematika
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 12 Jan 2016 04:29
Last Modified: 09 Sep 2016 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/110645

Actions (login required)

View Item View Item