Milla, Yulia Izza El (2016) Gesture mahasiswa berdasarkan aktivitas metakognitif dalam pembuktian matematis / Yulia Izza El Milla. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
ABSTRAK El Milla YuliaIzza. 2015. GestureMahasiswaBerdasarkanAktivitasMetakognitifdalamPembuktianMatematis.Tesis. Program StudiPendidikanMatematika PascasarjanaUniversitasNegeri Malang. Pembimbing (I) Dr. Subanji M.Si (II) Drs. Tjang Daniel Chandra M.Si Ph.D. Kata kunci gesture metakognisi pembuktianmatematis mahasiswa diskusi. Penelitianinibertujuanuntukmendeskripsikangesture dalamaktivitasmetakognitifsehinggaberfokuspadagesture yang munculdalamsuatuaktivitasmetakognitif. Hal inididasarkanpadafaktabahwagestureberkaitaneratdengankognisi.Gesturemenggambarkanbagaimanaseseorangberpikirdanberbicaramatematis.Metakognisimerupakanpengetahuandankesadaranseseorangakankognisinya.Dengandemikian terdapatketerkaitanantaragesturedenganmetakognisi. Aktivitasmetakognitif yang ditelitimerupakanaktivitasmetakognitifdalamkontekssosial. Hasildiperolehdari 6 subjek yang dibagimenjadi 3 kelompok. Setiapkelompoksubjekdiberikantugassoalpembuktianmatematisbersifat non-spasial.Setiapkelompoksubjekdianjurkanuntukberdiskusidalammenyelesaikantugaspembuktianmatematis yang diberikan. Subjek yang dipilihmerupakanmahasiswa S1 pendidikanmatematika di UniversitasNegeri Malang yang telahmenempuhmatakuliahmengenaipembuktianmatematis. Subjekmelakukanthink aloud padasaat proses diskusiuntukmendeteksigesture danaktivitasmetakognitif yang muncul. Klasifikasiaktivitasmetakognitifdalamkonteksproblem-solvingyang ditelitidikodekankedalam 3 macamberdasarkanklasifikasi Wilson yaitu metacognitive awareness metacognitive regulation danmetacognitive evaluation. Indikatoraktivitasmetakognitif yang digunakanuntukmenglasifikasikanaktivitasmetakognitif yang munculdidasarkanpadaindikator yang disusunolehMagieradanZawojewski. Gesture yang ditelitidikodekanmenjadi 4 macamberdasarkanklasifikasi McNeill yaitu iconic gesture metaphoric gesture deixis gesture dan tempo (beat gesture). Hasilanalisismenunjukkandiperoleh total 333 gesture dalamaktivitasmetakognitif yang munculselama proses diskusidariketigakelompok. Iconic gesture metaphoric gesture dandeixis gesturemunculsecaralengkapdidampingiolehaktivitasmetacognitive awareness metacognitive regulation danmetacognitive evaluationpadamasing-masingkelompok.Indikatoraktivitasmetakognitif yang dipenuhiolehtiapkelompokberbedaantarakelompoksatudengan yang lain.Temuanpenelitianmenunjukkanbahwagesture yang munculmengindikasikanterjadinyaaktivitasmetakognitifpadasubjek. Hasilinimenyatakanbahwagesturedapatdigunakansebagaiindikatordalammengidentifikasiaktivitasmetakognitif yang sedangterjadidalampikiranseseorang.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Matematika (MAT) > S2 Pendidikan Matematika |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 12 Jan 2016 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2016 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/110645 |
Actions (login required)
View Item |