Pertiwi, Anjas Dian (2016) Pengembangan perangkat pembelajaran bercirikan penemuan terbimbing pada materi transformasi geometri kelas VII yang berbantuan geogebra / Anjas Dian Pertiwi. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
ABSTRAK Pertiwi Anjas Dian. 2015. Pengembangan Perangkat Pembelajaran Bercirikan Penemuan Terbimbing pada Materi Transformasi Geometri Kelas VII yang Berbantuan GeoGebra. Tesis. Program Studi Pendidikan Matematika Pascasarjana Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Prof. Dr. Cholis Sa dijah M.Pd. M.A. (II) Drs. Tjang Daniel Chandra M.Si. Ph.D. Kata Kunci perangkat pembelajaran penemuan terbimbing GeoGebra transformasi geometri. Penemuan terbimbing diyakini merupakan model pembelajaran yang dapat membuat siswa secara aktif menemukan pengetahuan baru dan mengintegrasikannya dengan pengetahuan yang telah dimiliki. Model penemuan terbimbing dapat diterapkan pada materi transformasi geometri. Siswa dapat mengamati hubungan dan keterkaitan pada objek awal dan bayangannya untuk dapat menemukan konsep mengenai transformasi. Dalam proses penemuan konsep tersebut dapat digunakan perangkat lunak GeoGebra. Agar pembelajaran dengan model penemuan terbimbing pada materi transformasi geometri yang berbantuan GeoGebra tersebut berjalan dengan lancar dibutuhkan perangkat pembelajaran yang baik. Penelitian ini menggunakan tiga dari empat fase model pengembangan Four-D. yaitu (1) define (2) design dan (3) develop. Tujuan penelitian ini adalah (1) mendeskripsikan proses pengembangan perangkat pembelajaran matematika kelas VII pada materi transformasi geometri bercirikan penemuan terbimbing berbantuan GeoGebra dan (2) menghasilkan perangkat pembelajaran matematika kelas VII pada materi transformasi geometri bercirikan penemuan terbimbing berbantuan GeoGebra yang valid praktis dan efektif. Perangkat yang dikembangkan adalah RPP dan LKS. Untuk menilai kevalidan dari perangkat pembelajaran yang dikembangkan maka dilakukan validasi ahli. Dari tahap validasi ahli didapatkan skor rata-rata kevalidan RPP sebesar 3 39 dan skor rata-rata kevalidan LKS sebesar 3 28. Dengan demikian RPP dan LKS yang dikembangkan telah memenuhi kriteria valid. Untuk menilai kepraktisan dan keefektifan perangkat pembelajaran maka dilakukan uji coba lapangan. Dari tahap uji coba lapangan didapatkan skor rata-rata keterlaksanaan perangkat pembelajaran sebesar 3 35. Dengan demikian perangkat pembelajaran dinyatakan praktis. Sedangkan perangkat pembelajaran dinyatakan efektif karena memenuhi kriteria (1) rata-rata skor aktivitas siswa sebesar 3 49 (aktif) (2) skor penguasaan materi kelas sebesar 81 (baik) dan (3) rata-rata respon siswa 2 63 (positif). Dengan demikian perangkat pembelajaran yang dikembangkan memenuhi kriteria valid praktis dan efektif.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Matematika (MAT) > S2 Pendidikan Matematika |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 07 Jan 2016 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2016 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/110644 |
Actions (login required)
View Item |