Wahyuni, Novi Tri (2015) Pengembangan perangkat pembelajaran bercirikan kontekstual pada materi aritmatika sosial untuk siswa kelas VII SMP Negeri 7 Pasuruan / Novi Tri Wahyuni. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
ABSTRAK Wahyuni Novi Tri 2015. Pengembangan Perangkat Pembelajaran Bercirikan Kontekstual Pada Materi Aritmetika Sosial Untuk Siswa Kelas VII SMP Negeri 7 Pasuruan. Tesis. Program Studi Pendidikan Matematika Pascasarjana Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Dr. I Nengah Parta M.Si (II) Dra. Santi Irawati M.Si Ph.D. Kata Kunci perangkat pembelajaran kontekstual aritmetika sosial Berdasarkan hasil wawancara dengan guru matematika siswa SMP Negeri 7 sudah bertahun-tahun menggunakan LKS sebagai bahan ajar penunjang. Tetapi LKS yang digunakan masih belum bercirikan kontekstual oleh karena itu sangat penting jika perangkat pembelajaran yang dibuat bercirikan kontekstual. Karena siswa akan belajar sesuai dengan pengalaman mereka di kehidupan sehari-hari. Oleh karena itu rumusan masalah dalam penelitian ini adalah bagaimana perangkat pembelajaran bercirikan kontekstual pada materi aritmetika sosial untuk siswa kelas VII SMP yang valid praktis dan efektif . Tujuan pada penelitian ini adalah untuk menghasilkan perangkat pembelajaran bercirikan kontekstual pada materi aritmatika sosial kelas VII SMP yang valid praktis dan efektif. Produk pengembangan adalah RPP dan LKS yang bercirikan kontekstual. Model pengembangan yang digunakan menurut model Kemp (2001) yang terdapat sembilan tahap pengembangan yaitu (1) Mengidentifikasi masalah pembelajaran dan menentukan tujuan untuk merancang program pembelajaran (2) Memeriksa karakteristik siswa yang akan mempengaruhi keputusan pembelajaran (3) Mengidentifikasi isi pelajaran dan menganalisa komponen tugas yang berkaitan dengan tujuan pembelajaran (4) Menetapkan tujuan khusus bagi siswa (5) Membuat sistematika penyampaian materi pelajaran secara sistematis dan logis (6) Merancang strategi pembelajaran sehingga setiap siswa dapat menguasai tujuan (7) Menetapkan metode untuk penyampaian materi pelajaran (8) Memilih sumber daya untuk mendukung pengajaran dan kegiatan belajar (9) Mengembangkan instrumen evaluasi untuk menilai tujuan. Berdasarkan hasil validasi RPP skor rata-rata total untuk semua aspek ( (V_k ) 773 ) yaitu 3.59. Sesuai dengan kriteria kevalidan yang ditetapkan yaitu 3 8804 (V_k ) 773
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Matematika (MAT) > S2 Pendidikan Matematika |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 12 Nov 2015 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2015 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/110639 |
Actions (login required)
View Item |