Pembelajaran dengan pendekatan Realistic Mathematics Education (RME) berbantuan kotak kemasan untuk memahamkan jaring-jaring prisma pada siswa kelas VIII SMP Muhammadiyah 1 Malang / Era Dewi Kartika - Repositori Universitas Negeri Malang

Pembelajaran dengan pendekatan Realistic Mathematics Education (RME) berbantuan kotak kemasan untuk memahamkan jaring-jaring prisma pada siswa kelas VIII SMP Muhammadiyah 1 Malang / Era Dewi Kartika

Kartika, Era Dewi (2015) Pembelajaran dengan pendekatan Realistic Mathematics Education (RME) berbantuan kotak kemasan untuk memahamkan jaring-jaring prisma pada siswa kelas VIII SMP Muhammadiyah 1 Malang / Era Dewi Kartika. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Kartika Era Dewi. 2015. Pembelajaran dengan Pendekatan Realistic Mathematics Education (RME) Berbantuan Kotak Kemasan untuk Memahamkan Jaring-Jaring Prisma pada Siswa Kelas VIII SMP Muhammadiyah 1 Malang. Tesis Program Studi Pendidikan Matematika Pascasarjana Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Prof. Drs. Gatot Muhsetyo M.Sc. (II) Drs. Tjang Daniel Chandra M.Si Ph.D. Kata kunci RME kotak kemasan memahamkan jaring-jaring prisma Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan pelaksanaan pembelajaran RME berbantuan kotak kemasan yang memahamkan jaring-jaring prisma. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang terdiri dari dua siklus. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif dan menggunakan pendekatan kuantitatif yang sifatnya melengkapi. Observasi awal menunjukkan bahwa kelas VIIIA mengalami kesulitan dalam memahami jaring-jaring prisma. Guru kelas mengungkapkan bahwa masih menggunakan metode ceramah dan belum menggunakan media dalam pembelajaran. Penelitian ini dilaksanakan di SMP Muhammadiyah 1 Malang pada Semester Genap Tahun Ajaran 2014/2015 pada bulan Mei dan Juni dengan subjek siswa kelas VIII-A yang berjumlah 36 siswa. Pelaksanaan pembelajaran terdiri dari tiga kegiatan yaitu kegiatan awal kegiatan inti dan kegiatan akhir. Kegiatan awal terdiri dari guru memberikan apersepsi awal berkaitan dengan kotak kemasan siswa mengingat luas bangun datar seperti kubus luas persegi panjang segitiga dan trapesium menjelaskan tujuan pembelajaran yang akan dicapai dan pembentukan kelompok. Kegiatan inti terdiri dari a) siswa bersama kelompoknya memahami masalah kontekstual berkaitan dengan jaring-jaring prisma yang terdapat pada LKS b) siswa memotong lipatan kotak kemasan sesuai langkah-langkah pada LKS untuk mendapatkan jaring-jaring prisma sehingga membantu siswa dan kelompoknya menyelesaikan masalah kontekstual c) siswa membandingkan dan mendiskusikan jawaban seluruh jaring-jaring prisma rumus luas permukaan dan penyelesaian masalah kontekstual pada diskusi kelas dengan guru sebagai fasilitator serta d) siswa bersama guru menyimpulkan hasil diskusi kelas. Kegiatan akhir yaitu guru meminta siswa untuk menyelesaikan kuis yang berkaitan dengan materi jaring-jaring prisma. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pembelajaran RME berbantuan kotak kemasan dapat memahamkan siswa mengenai jaring-jaring prisma. Hasil nilai akhir meningkat dari siklus I ke siklus II sebesar 31 96%. Siswa dapat menggambarkan jaring-jaring kubus balok prisma tegak segitiga dan prisma tegak segienam. Siswa dapat menentukan rumus luas permukaan prisma dari jaring-jaring yang diperoleh dengan menentukan luas seluruh bangun datar pembentuk jaring-jaring prismadan siswa dapat menyelesaikan masalah kontekstual berkaitan dengan luas permukaan prisma dengan lebih teliti.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Matematika (MAT) > S2 Pendidikan Matematika
Depositing User: library UM
Date Deposited: 27 Oct 2015 04:29
Last Modified: 09 Sep 2015 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/110638

Actions (login required)

View Item View Item