Muhtadin, Achmad (2015) Penggunaan media botol untuk memahamkan konsep barisan dan deret aritmetika melalui learning by guided discovery pada siswa kelas IX SMP Laboratorium Universitas Negeri Malang / Achmad Muhtadin. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
ABSTRAK Muhtadin Achmad. 2015. Penggunaan Media Botol untuk Memahamkan Konsep Barisan dan Deret Aritmetika melalui Learning by Guided Discovery pada Siswa Kelas IX SMP Laboratorium Universitas Negeri Malang. Tesis Program Studi Pendidikan Matematika Pascasarjana Universitas Negeri Malang. Pembimbing (1) Prof. Drs. Gatot Muhsetyo M.Sc (2) Dr. Swasono Rahardjo S.Pd M.Si. Kata kunci Media Botol Barisan dan Deret Aritmetika Learning by Guided Discovery Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan keterlaksanaan langkah-langkah pembelajaran yang dapat memahamkan konsep barisan dan deret aritmetika menggunakan media botol melalui learning by guided discovery. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang terdiri dari dua siklus dengan subyek penelitian adalah siswa kelas IX-A SMP Laboratorium Universitas Negeri Malang. Kelas IX-A dipilih sebagai subyek dalam penelitian karena selain karena siswa mengalami kesulitan dalam memahami konsep barisan dan deret aritmetika juga siswanya yang tergolong heterogen baik dari segi kemampuan akademik jenis kelamin suku dan agama yang berguna dalam pengelompokan diskusi siswa. Pelaksanaan pembelajaran terdiri dari tiga kegiatan yaitu kegiatan awal kegiatan inti dan kegiatan akhir. Kegiatan awal yang memuat aktivitas berikut 1) memberi salam 2) mengabsen siswa 3) mengecek kesiapan belajar siswa dengan menanyakan beberapa materi syarat 4) menyampaikan topik dan tujuan pembelajaran 5) meminta siswa duduk berkelompok yang terdiri dari 4-5 siswa dan 6) membagikan lembar kerja siswa (LKS) dan media botol ke setiap kelompok. Kegiatan inti merujuk pada prinsip pembelajaran yang dikemukakan oleh Djamarah Zain (2010) meliputi 1) tahap simulasi (simulation) 2) tahap pernyataan masalah (problem statement) 3) tahap pengumpulan data (data collection) 4) tahap pemrosesan data (data processing) 5) tahap pembuktian (verification) dan 6) tahap penarikan kesimpulan (generalization). Kegiatan akhir yang memuat beberapa aktivitas berikut 1) membagikan soal kuis untuk dikerjakan secara individu oleh siswa 2) menginformasikan materi yang akan dipelajari pada pertemuan berikutnya 3) memberi siswa tugas pekerjaan rumah (PR) dan 4) menutup pembelajaran dengan salam. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pembelajaran menggunakan media botol melalui learning by guided discovery dapat memahamkan siswa mengenai barisan dan deret aritmetika. Kesalahan-kesalahan yang dilakukan siswa baik kesalahan konseptual maupun kesalahan prosedural siswa saat mengerjakan soal kuis maupun tes menjadi berkurang dan dapat diperbaiki. Hal ini di dukung oleh data ketuntasan kuis dan tes siswa yang sudah mencapai 71 43% dan 77 14%.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Matematika (MAT) > S2 Pendidikan Matematika |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 09 Oct 2015 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2015 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/110637 |
Actions (login required)
View Item |