Pengembangan bahan ajar berbasis Realistic Mathematics Education (RME) untuk materi prisma dan limas / Qoni Atul Fuadiyah - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengembangan bahan ajar berbasis Realistic Mathematics Education (RME) untuk materi prisma dan limas / Qoni Atul Fuadiyah

Fuadiyah, Qoni Atul (2015) Pengembangan bahan ajar berbasis Realistic Mathematics Education (RME) untuk materi prisma dan limas / Qoni Atul Fuadiyah. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Fuadiyah Qoni Atul. 2015. Pengembangan Bahan Ajar Berbasis Realistic Mathematics Education (RME) untuk Materi Prisma dan Limas. Tesis. Program Studi Pendidikan Matematika. Pascasarjana Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Prof. Dr. Ipung Yuwono M.S M.Sc (II) Prof. Dr. Cholis Sa dijah M.Pd M.A. Kata Kunci Pengembangan bahan ajar Realistic Mathematics Education (RME) Prisma Limas Matematika merupakan salah satu mata pelajaran yang kurang diminati siswa karena dianggap tidak ada hubungannya dengan kehidupan sehari-hari dan bahan ajar yang digunakan dalam pembelajaran kurang menarik. Buku yang digunakan dalam pembelajaran hanya berisi materi contoh soal dan latihan soal. Hal ini membuat kurangnya pemahaman konsep matematika siswa. Salah satu materi yang kurang dipahami siswa adalah materi tentang prisma dan limas. Siswa tidak bisa menyelesaikan masalah tentang luas permukaan prisma dan limas. Salah satu penyebab kurangnya pemahaman siswa adalah. Berdasarkan hal tersebut maka peneliti bertujuan untuk mengembangkan dan menghasilkan bahan ajar berbasis Realistic Mathematics Education (RME) untuk materi prisma dan limas. Model pengembangan yang digunakan dalam pengembangan bahan ajar ini adalah model pengembangan Plomp (2010) pemilihan model ini didasarkan pada pertimbangan bahwa model ini disusun secara sistematis dan lebih fleksibel karena hanya memiliki tiga fase yaitu (1) Investigasi Awal ( Preeliminary Investigation) (2) Fase Prototype (prototyping phase) (3) Fase assesmen (assessment phase). Prototype bahan ajar yang telah jadi diuji cobakan pada kelompok kecil untuk mengetahui keterbacaan dan kesesuain alokasi waktu selama pembelajaran. Selanjutnya dilakukan validasi ahli dan praktisi terhadap bahan ajar. Data berupa saran dan komentar digunakan untuk memperbaiki bahan ajar sedangkan data yang berupa skor dianalisis untuk mengetahui kevalidannya. Selanjutnya bahan ajar yang telah valid diuji coba lapangan untuk mengetahui kepraktisan dan keefektifan bahan ajar. Hasil pengembangan bahan ajar berupa LKS dan buku panduan guru. Berdasarkan data validasi diperoleh skor rata-rata 3 36 untuk LKS dan 3 48 untuk buku panduan guru. Untuk mengetahui kepraktisan bahan ajar dilakukan dengan mengamati aktivitas guru. Perolehan skor rata-rata pada lembar aktivitas guru adalah 3 46. Sedangkan untuk mengetahui keefektifan bahan ajar dilakukan dengan mengamati aktivitas siswa angket respon siswa dan tes hasil belajar siswa. Persentase yang diperoleh pada lembar aktivitas siswa adalah 86 6% angket respon siswa memperoleh rata-rata skor 3 29 dan hasil tes belajar siswa diperoleh 84 6% siswa tuntas secara klasikal. Berdasarkan data validasi uji kepraktisan dan keefektifan dapat dikatakan bahan ajar valid praktis dan efektif.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Matematika (MAT) > S2 Pendidikan Matematika
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 06 Aug 2015 04:29
Last Modified: 09 Sep 2015 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/110635

Actions (login required)

View Item View Item