Penerapan pembelajaran dengan pendekatan problem posing untuk meningkatkan pemahaman peluang siswa kelas X SMK Negeri 5 Malang / Rudy Setiawan - Repositori Universitas Negeri Malang

Penerapan pembelajaran dengan pendekatan problem posing untuk meningkatkan pemahaman peluang siswa kelas X SMK Negeri 5 Malang / Rudy Setiawan

Setiawan, Rudy (2015) Penerapan pembelajaran dengan pendekatan problem posing untuk meningkatkan pemahaman peluang siswa kelas X SMK Negeri 5 Malang / Rudy Setiawan. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Setiawan Rudy. 2015. Penerapan Pendekatan Pembelajaran Problem Posing untuk Meningkatkan Pemahaman Peluang Siswa Kelas X SMK Negeri 5 Malang. Tesis Program Studi S2 Pendidikan Matematika Pascasarjana Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Prof. Dr. H. Ipung Yuwono M.S M.Sc. (II) Dr. Swasono Rahardjo M.Si Kata kunci pendekatan pembelajaran problem posing pemahaman peluang siswa. Materi peluang merupakan materi yang dirasakan sulit bagi siswa. Data hasil obervasi peneliti selama mengajar di SMKN 5 Malang serta hasil wawancara menunjukkan bahwa secara umum materi peluang merupakan materi yang sulit dipahami bagi siswa. Kelemahan memahami materi peluang salah satunya disebabkan oleh pembelajaran yang didominasi oleh guru. Pembelajaran yang dilakukan oleh guru adalah guru menjelaskan materi kepada siswa memberika contoh serta solusinya dan guru memberikan latihan soal. Hal tersebut menyebabkan siswa kurang aktif mereka hanya sekedar meniru pekerjaan guru sehingga pemahaman terhadap peluang masih rendah. Penerapan pendekatan pembelajaran problem posing pada penelitian ini difokuskan pada suatu permasalahan yaitu bagaimana deskripsi dan langkah-langkah pelaksanaan pendekatan pembelajaran problem posing yang dapat meningkatkan pemahaman peluang siswa kelas X SMKN 5 Malang Peneliti menjawab permasalahan di atas dengan melakukan penelitian tindakan kelas (PTK) dengan menggunakan pendekatan kualitatif. Tindakan dalam penelitian ini dilakukan dalam 2 siklus dengan setiap siklus melalui 4 tahap yaitu (1) perencanaan (2) pelaksanaan tindakan (3) observasi dan (4) refleksi. Penelitian ini dilaksanakan di SMKN 5 Malang pada kelas X Multimedia 1 tahun pelajaran 2014/ 2015. Subjek penelitian sebanyak 35 siswa. Penerapan pendekatan pembelajaran problem posing yang dilakukan oleh peneliti meliputi 4 tahap yaitu (1) mengamati permasalahan (2) menuliskan permasalahan (3) memecahkan permasalahan dan (4) mendiskusikan pemecahan permasalahan. Kegiatan tersebut dilaksananakan dengan pola kelompok menggunakan lembar kegiatan siswa. Peningkatan pemahaman peluang siswa pada penelitian ini ditunjukkan dengan persentase ketuntasan klasikal skor tes akhir siklus II telah memenuhi standar keberhasilan penelitian dan mengalami peningkatan dari skor tes akhir siklus I. Persentase ketuntasan klasikal skor tes akhir siklus I adalah 77 78% dan persentase ketuntasan klasikal skor tes akhir siklus II adalah 83 33%. Berdasarkan hasil penelitian tersebut maka disimpulkan bahwa pendekatan pembelajaran problem posing dapat meningkatkan pemahaman peluang siswa kelas X SMKN 5 Malang.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Matematika (MAT) > S2 Pendidikan Matematika
Depositing User: library UM
Date Deposited: 05 Aug 2015 04:29
Last Modified: 09 Sep 2015 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/110632

Actions (login required)

View Item View Item