Siregar, Agustin Debora Mutiara (2015) Pembelajaran global pada materi matematika SMP dengan bantuan mind map / Agustin Debora Mutiara Siregar. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
ABSTRAK Siregar Agustin Debora M 2015. Pembelajaran Global padaMateriMatematika SMP denganBantuan Mind Map.Prodi PendidikanMatematika PascasarjanaUniversitasNegeri Malang. Pembimbing (I) (II) Kata kunci Global Learning Jaringan Konsep Mind Map Rendahnya rata-rata hasilbelajarsiswapadamatapelajaranmatematikasudahmenjadihal yang umum.Sangattidakadilbagisiswa jikakitamenuntuthasilbelajar yang maksimal sementarakitabelumtepatmenyajikanmatematikasebagaihal yang mudah.Kompetensipedagogisdanprofesional guru sangatmenentukandalamhalini.Matematikasebagaijaringankonsep jikadisajikansecaraanalitisakanmenyulitkansiswadalammemahamikonsepsecarautuh sehinggasiswamengalamikesulitanketikamenganalisaketerkaitanantarkonsep. Pembelajaran global (Global Learning) yang memandangsesuatusecaramenyeluruh utuhdanberulang merupakangayabelajar yang sejalandenganpembelajaranmatematikasebagaijaringankonsep. Sebagaibagiandariupayaoptimalisasilongterm memory pembelajaran global memerlukanbantuanmind map.Mind Mapsangatmembantusiswadalamvisualisasidanpenyandiankonsepmatematikasebagaijaringankonsepsecarautuh.Sebagaimana proses pengulangansebagaibagiandarilongterm memory systemdalampembelajaran seyogyanyamind mapdisajikansetiapsaatsepanjangpembahasanjaringankonsepmatematikatertentudibahas. Penelitianinibertujuanuntukmendekripsikanperencanaan pelaksanaan danhasilbelajarPembelajaran Global.Dalamhalinideskripsiperencanaanpembelajaran global beruparancangan global rencanapelaksanaanpembelajaran deskripsipelaksanaanpemblejaran global berupapaparankegiatanpembelajaran global sertadeskripsihasilbelajarberupalaporanperkembanganhasilbelajarsetiapsiswadalamsatutopiksepanjangsekian kali pertemuan. PenelitianinimenggunakanmetodePenelitianDeskriptifAnalitikBerorientasiPemecahanMasalah.Dengandasarhasilanalisishasilbelajarmatematikasepanjangsejarahpenelitimengajar sertabeberapakajianteori yang melandasipemikiranpenulis diperolehpenyebabutamakesulitanbelajarsiswa yaitupenyajianpembelajaranmatematika yang tidakmenyajikankonsepsecarautuhsertatidakmengoptimalkanseluruhpotensiotak dantentusajajawabandarimasalah di atasadalahmetodePembelajaran Global. TahapberikutnyaadalahmenyusunRancangan Global RPP AnalisisMateriPelajaran (AMP) LembarKerjaSiswa menyusunseluruh instrument penelitiandanmenentukankriteriakeberhasilanpenelitian. Pelaksanaandanpengambilan data dilaksanakandengansubyekpenelitianduapuluhsiswakelas VIII siswa SMPN 1 Pajarakan. Hasilpenelitianmenunjukkanbahwasiswamulaidapatbelajarsecaramandirisertamengembangkansegalapotensi yang dimilikinya yaitu (1)Memahamimasalahdenganmemahamimaknabahasatulis yang disajikan (2) Mendiskripsikan/ mengilustrasikanmasalah (3) Menentukankonsepmatematika yang dapatdigunakanmenyelesaikanmasalah (4) Merancangpenyelesaianmasalah (5) Mendiskripsikansolusimatematis (6) Menentukanpenyelesaianmasalah. Dari hal di atas Nampak bahwasiswadapatmengontrolpengetahuan dalamartimengaktifkanmemoripadasaatdibutuhkan. Selainitusiswadapatmenggunakanseluruhpotensiotakmerekaketikamembuatsketsayang berwarnaketikamengilustrasikansuatumasalah. Sudahsaatnya guru berpandanganbahwasiswamemilikikecerdasan yang luarbiasa tidakperlumeragukankemampuanmerekauntukberpikir global danberpikiranalitiksecarabersama-sama karenakemampuaninitelahada di setiapotakmanusiasejaklahir.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Matematika (MAT) > S2 Pendidikan Matematika |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 04 Aug 2015 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2015 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/110627 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |