Gestur siswa pada proses metakognisi sosial dalam pemecahan masalah matematika / Nunja Muyassarah - Repositori Universitas Negeri Malang

Gestur siswa pada proses metakognisi sosial dalam pemecahan masalah matematika / Nunja Muyassarah

Muyassarah, Nunja (2015) Gestur siswa pada proses metakognisi sosial dalam pemecahan masalah matematika / Nunja Muyassarah. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Muyassarah Nunja. 2015. Gestur Siswa pada Proses Metakognisi Sosial dalam Pemecahan Masalah Matematika. Tesis. Jurusan Pendidikan Matematika Pascasarjana Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Dr. Subanji M.Si. (II) Dr. Sri Mulyati M.Pd. Kata kunci gestur metakognisi sosial Pemecahan masalah merupakan aktivitas yang melibatkan konseptualisasi dan mendorong keterlibatan siswa dalam berbagai aktivitas kognitif yang memungkinkan mereka untuk menghubungkan konsep-konsep dalam membangun pemahaman. Untuk menghubungkan konsep-konsep tersebut siswa perlu menyadari bagaimana mengontrol proses berpikir mereka. Kemampuan untuk menyadari proses berpikirnya sendiri ini disebut kemampuan metakognitif. Aktivitas metakognitif dalam interaksi sosial dapat menyebabkan aktivitas pemecahan masalah menjadi lebih efektif. Dalam interaksi sosial ini siswa akan berkomunikasi secara verbal yang diiringi dengan gestur. Dengan demikian tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana gestur siswa pada proses metakognisi sosial dalam pemecahan masalah matematika. Penelitian ini menggunakan rancangan deskriptif-kualitatif untuk mencapai tujuan penelitian tersebut. Dalam hal ini peneliti bertindak sebagai instrumen utama. Data penelitian adalah foto-foto gestur yang muncul disertai dengan ungkapan-ungkapan metakognitif dari enam subjek terpilih serta hasil rekaman wawancara peneliti dengan subjek terkait gestur yang digunakan oleh subjek. Pengumpulan data dilakukan dengan merekam kegiatan diskusi subjek yang terbagi menjadi dua kelompok menggunakan alat perekam video saat mendiskusikan soal bergambar dan soal tidak bergambar. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa gestur siswa yang muncul pada proses metakognisi sosial selama memecahkan masalah matematika dapat diklasifikasikan sesuai dengan tipe metakognisi yaitu awareness evaluation dan regulation. Dalam ungkapan metakognitif tipe evaluation terdapat dua pola gestur yaitu (1) penggunaan kombinasi pointing gesture dan representational gesture dan (2) penggunaan pointing gesture representational gesture dan diakhiri dengan pointing gesture. Dalam ungkapan metakognitif tipe awareness terdapat pola gestur tertentu yaitu penggunaan writing gesture yang dilanjutkan dengan representational gesture. Untuk ungkapan metakognitif tipe regulation pola gestur ini tidak muncul. Secara keseluruhan subjek lebih banyak menggunakan gestur saat mendiskusikan soal bergambar daripada saat mendiskusikan soal tidak ber- gambar. Hasil penelitian ini juga menunjukkan bahwa terdapat beberapa ungkapan metakognitif subjek yang tidak disertai gestur.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Matematika (MAT) > S2 Pendidikan Matematika
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 04 Aug 2015 04:29
Last Modified: 09 Sep 2015 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/110620

Actions (login required)

View Item View Item