Pembelajaran trigonometri menggunakan model inquiry berbantuan geogebra untuk meningkatkan hasil belajar siswa / Dedy Kurniawan - Repositori Universitas Negeri Malang

Pembelajaran trigonometri menggunakan model inquiry berbantuan geogebra untuk meningkatkan hasil belajar siswa / Dedy Kurniawan

Kurniawan, Dedy (2015) Pembelajaran trigonometri menggunakan model inquiry berbantuan geogebra untuk meningkatkan hasil belajar siswa / Dedy Kurniawan. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Kurniawan Dedy. 2015. Pembelajaran Trigonometri Menggunakan Model Inquiry Berbantuan Geogebra Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa. Tesis Program Studi Pendidikan Matematika Pascasarjana Universitas Negeri Malang. Pembimbing (1) Prof. Drs. Purwanto Ph.D (2) Dr. I Nengah Parta S.Pd M.Si. Kata kunci Inquiry Geogebra Grafik Fungsi Triogonometri Hasil Belajar Grafik Fungsi Trigonometri untuk SMK kelompok teknologi khususnya pada jurusan TKR merupakan materi esensial. Hal ini dikarenakan materi grafik Fungsi Trigonometri berguna untuk (1) pemodelan mekanis seperti gerak piston pada mesin motor (2) pemodelan hal-hal yang memiliki siklus teratur atau pola berulang seperti gelombang listrik yang dimanfaatkan oleh mesin mobil dan (3) gerak pegas. Oleh karena itu pembelajaran grafik Fungsi Trigonometri memerlukan waktu dan penanganan khusus. Pemilihan model dan pendekatan yang tepat dapat menentukan keberhasilan pembelajaran. Pembelajaran model Inquiry yang merujuk pada Goos berbantuan Software Geogebra merupakan model pembelajaran yang dipilih untuk mengatasi permasalahan. Hal ini dikarenakan siswa bukan hanya bekerja secara kelompok tetapi siswa juga diberikan kesempatan untuk menemukan konsep atau cara menyelesaikan permasalahan dengan bantuan Software Geogebra. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan penerapan pembelajaran Grafik Fungsi Trigonometri dengan menggunakan model Inquiry berbantuan Geogebra dapat meningkatkan hasil belajar siswa. Penelitian yang dilakukan menggunakan jenis Penelitian Tindakan Kelas. Penelitian sebanyak dua siklus yang masing-masing siklus terdiri dari empat pertemuan. Siklus I dilaksanakan pada kelas X TKR 1 dan siklus II dilaksanakan pada kelas X TKR 2. Fokus penelitian tindakan kelas adalah tindakan guru sehingga dilaksanakan pada dua kelas pada siklus yang berbeda tidak jadi masalah. Pembelajaran Inquiry berbantuan Geogebra yang dapat meningkatkan hasil belajar siswa adalah (1) orientasi masalah siswa dikenalkan dengan permasalahan grafik Fungsi Trigonometri. Guru memfokuskan siswa pada materi grafik Fungsi Trigonometri dengan menyampaikan kegunaan dalam kehidupan sehari-hari menggali materi prasyarat siswa (2) merumuskan masalah mengemukakan masalah rumus Fungsi Trigonometri untuk digambar grafiknya secara manual dari gambar yang diperoleh siswa mendeskripsikan keunikan dan kekhasan yang muncul dari grafik tersebut (3) membuat dugaan siswa menggunakan Geogebra untuk menggambar grafik Fungsi Trigonometri dan memanfaatkan slider untuk mengumpulkan data tentang karakteristiknya dugaan ini akan terlihat setelah pengumpulan data dan pembuktian atas data (4) menguji dugaan siswa menggambar menggunakan Geogebra grafik Fungsi Trigonometri dari rumus fungsi yang berbeda untuk memperkuat dan membuktikan dugaan tentang karakteristik grafik tersebut (5) menyajikan hasil mengkomunikasikan baik di dalam kelompok maupun secara klasikal hasil pekerjaan mereka (6) refleksi menarik kesimpulan hasil dari pembelajaran.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Matematika (MAT) > S2 Pendidikan Matematika
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 04 Aug 2015 04:29
Last Modified: 09 Sep 2015 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/110618

Actions (login required)

View Item View Item