Metakognisi siswa SMK dalam memecahkan masalah matematika materi pengukuran / Farid Hidayat - Repositori Universitas Negeri Malang

Metakognisi siswa SMK dalam memecahkan masalah matematika materi pengukuran / Farid Hidayat

Hidayat, Farid (2015) Metakognisi siswa SMK dalam memecahkan masalah matematika materi pengukuran / Farid Hidayat. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Hidayat F. Metakognisi Siswa SMK dalam Memecahkan Masalah Matematika Materi Pengukuran. Tesis. Program Studi Pendidikan Matematika Pascasarjana Universitas Negeri Malang. Pembimbing (1) Prof. Dr. Cholis Sa dijah M.Pd M.A. (2) Dr. Makbul Muksar M.Si. Kata kunci Metakognisi Awareness Regulation Evaluation Pemecahan Masalah Struktur kurikulum 2013 menyatakan pemecahan masalah merupakan komponen penting dalam pembelajaran. Siswa dituntut menguasai kemampuan pemecahan masalah selama belajar matematika. Fakta di lapangan menunjukkan kemampuan memecahkan masalah siswa belum berkembang dengan baik. Proses pemecahan masalah merupakan aktivitas siswa yang melibatkan metakognisi. Metakognisi adalah memikirkan apa yang telah dipikirkan. Tujuan dalam penelitian ini adalah mendeskripsikan metakognisi siswa SMK dalam memecahkan masalah matematika. Penelitian ini menggunakan rancangan deskriptif eksploratif dengan pendekatan kualitatif. Instrumen utama dalam penelitian ini adalah peneliti sendiri. Instrumen pendukung adalah tes kemampuan matematika tes pemecahan masalah jurnal metakognisi pedoman wawancara dan alat rekam Subjek penelitian adalah siswa SMK kelas X yang dipilih berdasarkan hasil tes kemampuan matematika. Subjek penelitian mewakili setiap kelompok kemampuan. 2 siswa berkemampuan tinggi 2 berkemampuan sedang dan 2 berkemampuan rendah. Siswa yang telah ditetapkan sebagai subjek penelitian diberikan tes pemecahan masalah. Peneliti kemudian melalakukan wawancara terhadap subjek penelitian berkaitan dengan metakognisi selama memecahkan masalah matematika. Hasil penelitian menunjukkan terdapat dua karakteristik metacognitive awareness siswa berkemampuan tinggi dalam memecahkan masalah pertama sebagai pemicu siswa berpindah dalam tahapan memecahkan masalah dan kedua kesadaran dalam memahami masalah. Metacognitive awareness siswa berkemampuan sedang dan rendah sebatas kesadaran dalam memahami masalah. Metacognitive regulation siswa berkemampuan tinggi sedang dan rendah dalam memecahkan masalah muncul saat memikirkan langkah atau strategi penyelesaian masalah. Metacognitve evaluation siswa berkemampuan tinggi dan sedang muncul saat menilai langkah pengerjaan selama proses memecahkan masalah dan saat menilai jawaban akhir yang diperoleh. Metacognitve evaluation siswa berkemampuan rendah muncul sebatas menilai jawaban akhir yang diperoleh.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Matematika (MAT) > S2 Pendidikan Matematika
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 03 Aug 2015 04:29
Last Modified: 09 Sep 2015 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/110614

Actions (login required)

View Item View Item