Ade, Jufri (2015) Pembelajaran persamaan garis lurus dengan menggunakan strategi inkuiri untuk meningkatkan kemampuan penyelesaian masalah siswa SMP Da'arul Ukhuwwah Pakis Kabupaten Malang / Jufri Ade. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
ABSTRAK Ade Jufri. 2015. Pembelajaran persamaan Garis Lurus Dengan Menggunakan Strategi Inkuiri Untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah pada siswa SMP Daarul Ukhuwwah Pakis Kabupaten Malang. Tesis Program Studi Pendidikan Matematika Pascasarjana Universitas Negeri Malang Pembimbing (1) Dr. Edy Bambang Irawan M.Ed (2) Dra. Santi Irawati M.Sc. PhD. Kata Kunci Pembelajaran Inkuiri Meningkatkan kemampuan Pemecahan Masalah Salah satu tujuan pelajaran matematika adalah meningkatkan kemampuan pemecahan masalah matematika namun berdasarkan pengamatan dan hasil diskusi dengan guru matematika di SMP Da arul Ukhuwwah Pakis Kabupaten Malang Pembelajaran matematika masih berpusat pada guru terjadi kecenderungan siswa meniru cara guru atau buku sehingga kemampuan siswa tidak berkembang memperhatikan masalah ini perlu diupayakan perbaikan salah satunya melalui penerapan pembelajaran berbasis konstruktivis yaitu pembelajaran inkuiri. Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan pembelajaran inkuiri yang dapat meningkatkan kemampuan pemecahan masalah matematika siswa kelas VIII SMP Da arul Ukhuwwah pada materi persamaan garis lurus. Rancangan penelitian yang digunakan adalah penelitian Tindakan Kelas (PTK) Pelaksanan Tindakan terdiri dari dua siklus. Setiap siklus terdiri dari 3 dan dua pertemuan dengan sumber data siswa kelas VIII SMP Tahun Pelajaran 2015/2016. Pengumpulan data dilakukan melalui pelaksanaan pembelajaran pengamatan tindakan guru dan respon siswa dalam pembelajaran unjuk kerja LKS Kelompok tes Akhir dan Wawancara. Dari pelaksanaan tindakan Siklus II diketahui Pembelajaran inkuiri dapat meningkatkan kemampuan pemecahan masalah matematika siswa. Meningkatnya kemampuan pemecahan masalah dalam penelitian ini diketahui dari kemampuan siswa menemukan ide/gagasan baru dalam menyelesaiakan masalah matematika yang memenuhi aspek (Orientasi) (Merumuskan masalah) (Mengumpulkan data) (Membuat Hipotesis) (Menguji Hipotesis) (Merumuskan kesimpulan) yang diukur dari hasil unjuk kerja LKS kelompok menunjukan bahwa semua kelompok (8 kelompok) mencapai kategori cukup mampu atau lebih. Langkah-langkah pembelajaran strategi inkuiri yang dapat meningkatkan kemampuan pemecahan masalah dalam penelitian ini yaitu (1) orientasi membangkitkaan semangat dan partisipasi siswa untuk mengikuti pembelajaran melalui pertanyaan yang menarik dan menantang (2) merumuskan masalah masalah dirumuskan sendiri ole siswa siswa akan memiliki motivasi belajar yang tinggi manakala merumuskan sendiri oleh siswa siswa akan memiliki motivasi belajar yang tinggi manakala dilibatkan dalam merumuskan masalah yang hendak dikaji. Dengan demikian guru sebaiknya tidak merumuskan sendiri masalah pembelajaran guru hanya memberikan topik yang akan dipelajari sedangkan bagaimana rumusan masalah yang sesuai dengan topik yang telah ditentukan sebaiknya diserahkan kepada siswa. Guru perlu mendorong agar siswa dapat merumuskan masalah yang menurut guru jawaban sebenarnya sudah ada tinggal siswa mencari dan menemukan jawabannya. Konsep-konsep dalam masalah adalah konsep-konsep yang sudah diketahui terlebih dahulu oleh siswa. Artinya sebelum masalah itu dikaji lebih jauh melalui proses Inkuiri guru perlu yakin terlebih dahulu bahwa siswa sudah memiliki pemahaman tentang konsep-konsep yang ada dalam rumusan masalah. (3) membuat hipotesis Hipotesis adalah jawaban sementara dari suatu permasalahan yang sedang dikaji sebagai jawaban sementara hipotesis perlu diuji kebenarannya. Guru mengajukan berbagai pertanyaan kepada siswa sehingga merumuskan jawaban sementara atau dapat merumuskan berbagai kemungkinan jawaban dari suatu permasalahan yang dikaji. (4) Mengumpulkan data Mengumpulkan data adalah aktifitas menjaring informasi yang dibutuhkan untuk menguji hipotesis yang diajukan tugas dan peran guru dalam tahapan ini adalah mengajukan pertanyaan-pertanyaan siswa yang dapat mendorong siswa untuk berfikir mencari informasi yang dibutuhkan. (5) Menguji hipotesis menguji hipotesis adalah proses penentuan jawaban yang dianggap diterima sesuai dengan data atau informasi telah terkumpul sehingga data-data tersebut dapat diterima kebenarannya. Kebenaran data yang diberikan bukan hanya berdasarkan argumentasi akan tetapi harus didukung berdasarkan pengetahuan prasyarat dan dapat dipertanggungjawabkan.(6) Membuat kesimpulan adalah proses mendeskripsikan temuan yang diperoleh berdasarkan hasil pengumpulan data dan analisis data.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Matematika (MAT) > S2 Pendidikan Matematika |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 03 Aug 2015 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2015 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/110613 |
Actions (login required)
View Item |