Analisis kesalahan siswa kelas VIII SMP pada materi aljabar serta proses scaffoldingnya / Annisa Nur Ramadhani - Repositori Universitas Negeri Malang

Analisis kesalahan siswa kelas VIII SMP pada materi aljabar serta proses scaffoldingnya / Annisa Nur Ramadhani

Ramadhani, Annisa Nur (2015) Analisis kesalahan siswa kelas VIII SMP pada materi aljabar serta proses scaffoldingnya / Annisa Nur Ramadhani. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Ramadhani AnnisaNur. 2015. AnalisisKesalahanSiswa Kelas VIII SMP pada Materi Aljabar serta ProsesScaffolding-nya. Tesis Prodi PendidikanMatematika Pascasarjana UniversitasNegeri Malang. Pembimbing (I) Prof. Dr. Ipung Yuwono M.S M.Sc (II) Dr. Makbul Muksar S.Pd M.Si. Kata Kunci analisis kesalahan aljabar scaffolding. Saat mempelajari aritmetika siswa hanya mengenal simbol-simbol angka yang mewakili bilangan tertentudanmerekahanyaterfokuspadahasiloperasibilangantersebut. Padahal saat mempelajari aljabar mereka mulai dikenalkan dengan simbol-simbol huruf yang sifatnya abstrak dan lebihditekankanpada pemahaman aspek relasi suatu operasi. Oleh karena itu saat mulai mempelajari aljabar banyak siswa yang melakukan kesalahan.Kesalahan tersebut harus segera diatasi agar siswamempunyai persiapan yang baik saat mempelajari materi aljabar berikutnya. Sebelum memberikan bantuan kepada siswa untuk menyadari kesalahannya perlu untuk dianalisis terlebih dahuluhal-hal yang menjadi penyebab terjadinya kesalahan.Salah satu alternatif bantuan yang dapat diberikan kepada siswa ialah scaffolding.Tujuan penelitian ini ialah untuk mendeskripsikan kesalahan-kesalahan siswa Kelas VIII SMP saat mengerjakan soalaljabar penyebab terjadinya kesalahan serta proses scaffolding yang sesuai untuk membantu siswa menyadari kesalahannya. Untuk mencari subjek yang akan diberi scaffolding dan diwawancarai peneliti memberikan soal tes aljabar kepada seluruh siswa Kelas VIIIA dan VIIIB. Peneliti memilih dua subjek pada masing-masing tipe kesalahan. Jawaban yang dituliskan oleh subjekdianalisis menggunakan teknik analisis yang terdiri dari dua kegiatan yaitu mendaftardugaan-dugaanpenyebabkesalahandanmenyusunrencanametode untukmembuatsiswamenyadarikesalahannyadandapatmenuliskanjawaban yang benardenganmengacupadapedomanscaffolding. Berdasarkanhasilscaffolding penelitimenetapkanpenyebabkesalahan-kesalahan yang dilakukanolehsiswa. Berdasarkan temuan di lapangan peneliti mendeskripsikan kesalahan-kesalahan siswaKelas VIII SMP pada materi aljabar. Kesalahan siswa dalam memahami makna variabel yaitu anggapan bahwa variabel adalah sesuatu yang harus dicari nilainya atau variabel sebagai bilangan tertentu. Penyebab kesalahan siswa dalam memahami makna variabel yaitu (1) kegagalan dalam mengaitkansoal dengan konsep-konsep yang telah dipelajari sebelumnya (2) ketidakmampuan berimajinasi tentang kemungkinan-kemungkinan nilai variabel atau (3) kurangnya penguasaan materi aritmetika dasar.Kesalahan-kesalahan prosedural pada materi aljabar yang dilakukan oleh siswa yaitu (1) ada suku pada bentuk aljabar yang tidak dikalikan dengan bilangan pengali (2) hasilpenjumlahanbentukaljabardituliskanberupapenggabungan setiap sukuyang ada atau (3) penyederhanaan bentuk aljabar secara asal-asalan. Penyebab kesalahan prosedural yang dilakukan oleh siswa yaitu (1) kegagalan dalam mengaitkan soaldengan konsep-konsep yang telah dipelajari sebelumnya (2) terpengaruh dengan pengetahuannya saat mempelajari aritmetika yaitu terfokus pada hasil yang berupa bilangan tertentu (3) ketidaktelitian dalam mengoperasikan bentuk aljabar (4) kurang menguasai prosedur menyederhanakan bentuk aljabar yang berupa pecahan (5) tidak mampu memfaktorkan bentuk aljabar.Kesalahan siswa dalam menyelesaikan persamaan linier satuvariabel yaitu tidak mengubah tanda saat melakukan pindah ruas .Penyebab kesalahan siswa dalam menyelesaikan persamaan linier satu variabel adalah (1) penggunaan pindah ruas tanpa mengecek dengan konsep pindahruas yang benar atau (2) kurangnya penguasaan materi aritmetika dasar.Untuk membantu subjek menyadarikesalahannyadandapatmenuliskanjawaban yang tepat penelitimemberikanscaffolding level 2 yaitu reviewing dan restructuring.Setelahsubjekdiberikanscaffolding merekasudahtidakmelakukankesalahanlagiatausetidaknyakesalahannyaberkurang. Pada kasus kesalahan dalam memahami makna variabel subjek sudah mulai mendaftar kemungkinan-kemungkinan nilai variabel namun masih belum dapat membuat kesimpulan. Pada kasus kesalahan prosedural subjek sudah mampu mengalikan dan menjumlahkan bentuk aljabar namun ketika menyederhanakan bentuk aljabar yang berupa pecahan mereka mengabaikn syarat bahwa penyebut tidak boleh nol. Pada kasus kesalahan dalam menyelesaikan persamaan linier satu variabel subjek sudah mampu mendapatkan selesaian dengan tepat.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Matematika (MAT) > S2 Pendidikan Matematika
Depositing User: library UM
Date Deposited: 30 Jul 2015 04:29
Last Modified: 09 Sep 2015 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/110612

Actions (login required)

View Item View Item