Pengembangan modul pembelajaran berbasis penemuan terbimbing materi trigonometri bagi peserta didik kelas X di MAN 3 Malang / Asna Bariroh - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengembangan modul pembelajaran berbasis penemuan terbimbing materi trigonometri bagi peserta didik kelas X di MAN 3 Malang / Asna Bariroh

Bariroh, Asna (2015) Pengembangan modul pembelajaran berbasis penemuan terbimbing materi trigonometri bagi peserta didik kelas X di MAN 3 Malang / Asna Bariroh. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Bariroh Asna. 2015. Pengembangan Modul Pembelajaran Berbasis Penemuan Terbimbing Materi Trigonometri bagi Peserta Didik Kelas X di MAN 3 Malang. Tesis Program Studi Pendidikan Matematika Pascasarjana Universitas Negeri Malang. Pembimbing (1) Dr. Abdur Rahman As ari M.Pd M.A. (2) Dr. rer. nat. I Made Sulandra M.Si. Kata Kunci Pengembangan modul pembelajaran penemuan terbimbing trigonometri. Tujuan dari penelitian ini adalah mengembangkan modul pembelajaran berbasis penemuan terbimbing materi trigonometri bagi peserta didik kelas X di MAN 3 Malang yang valid praktis dan efektif. Model yang digunakan adalah model 4-D (Four-D Models) yang terdiri dari empat tahap yaitu pendefinisian (define) perancangan (design) pengembangan (develop) dan penyebaran (disseminate). Akan tetapi dalam penelitian ini hanya dilakukan tiga tahap pertama sedangkan pada tahap penyebaran (disseminate) tidak dilakukan karena hasil pengembangan tidak disebarluaskan melainkan hanya digunakan untuk kepentingan penelitian. Subyek yang digunakan untuk uji coba adalah peserta didik kelas X di MAN 3 Malang tahun pelajaran 2014/2015 yang berjumlah 26 orang. Sedangkan untuk menilai kualitas modul maka dikembangkan pula rencana pelaksanaan pembelajaran (RPP) dan instrumen penelitian berupa lembar validasi lembar observasi angket dan tes penguasaan hasil belajar (TPHB). Modul berbasis penemuan terbimbing memuat lima kegiatan yaitu (1) mengamati (2) menganalisis (3) membuat kesimpulan (4) mengomunikasikan dan (5) mengerjakan latihan soal. Dengan kegiatan-kegiatan yang terdapat dalam modul diharapkan dapat membantu peserta didik untuk belajar lebih mandiri tanpa banyak bimbingan dari guru dan mampu mengonstruk pemahamannya secara mandiri terhadap materi trigonometri. Berdasarkan uji validasi oleh dua orang ahli/ praktisi disimpulkan bahwa modul RPP dan instrumen penelitian memenuhi kriteria kevalidan. Untuk menentukan kepraktisan dan keefektifan modul dilakukan uji coba. Kepraktisan modul diperoleh dari hasil observasi aktifitas guru dan peserta didik serta hasil wawancara dengan guru. Sedangkan keefektifan modul diukur dari angket respon peserta didik dan TPHB. Berdasarkan uji kepraktisan dan uji keefektifan disimpulkan bahwa modul memenuhi kriteria kepraktisan dan keefektifan. Sehingga dapat disimpulkan bahwa modul yang dikembangkan valid praktis dan efektif. Saran pembelajaran dengan menggunakan modul ini adalah (1) guru harus mampu mengatur waktu karena pembelajaran menggunakan modul ini membutuhkan waktu yang lebih lama (2) guru perlu memperhatikan secara khusus bagi peserta didik yang berkemampuan rendah. Hal ini dilakukan agar mereka selalu termotivasi untuk ikut terlibat dalam proses pembelajaran.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Matematika (MAT) > S2 Pendidikan Matematika
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 30 Jul 2015 04:29
Last Modified: 09 Sep 2015 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/110611

Actions (login required)

View Item View Item