Pembelajaran berbantuan mind map pada materi lingkaran untuk meningkatkan hasil belajar siswa SMP Negeri model terpadu Bojonegoro / Naning Kurniawati - Repositori Universitas Negeri Malang

Pembelajaran berbantuan mind map pada materi lingkaran untuk meningkatkan hasil belajar siswa SMP Negeri model terpadu Bojonegoro / Naning Kurniawati

Kurniawati, Naning (2015) Pembelajaran berbantuan mind map pada materi lingkaran untuk meningkatkan hasil belajar siswa SMP Negeri model terpadu Bojonegoro / Naning Kurniawati. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Kurniawati Naning. Pembelajaran Berbantuan Mind Map pada Materi Lingkaran untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa SMP Negeri Model Terpadu Bojonegoro. Tesis. Program Studi Pendidikan Matematika Pascasarjana Universitas Negeri Malang. Pembimbing (1) Prof. Dr. Ipung Yuwono M.S M.Si (2) Dr. Edy Bambang Irawan M.Pd. Kata kunci Mind Map hasil belajar. Pemahaman dan penerapan konsep matematika yang baik akan memudahkan siswa untuk memahami mata pelajaran yang lain. Pemahaman dan penerapan konsep yang baik ditandai dengan hasil belajar yang baik. Refleksi yang dilakukan peneliti terhadap pembelajaran yang telah dilakukan menunjukkan bahwa sebagian besar siswa masih memiliki hasil belajar matematika masih kurang dari Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM). Hasil belajar yang kurang maksimal dikarenakan siswa tidak mengalami pembelajaran yang bermakna dan tidak mengalami sendiri penemuan suatu konsep sehingga pemahaman yang diperoleh masih dangkal. Berdasarkan masalah yang telah diungkapkan peneliti ingin menerapkan metode pembelajaran yang dapat memperbaiki hasil belajar matematika pada materi lingkaran. Peneliti akan menggunakan pembelajaran berbantuan Mind Map pada siswa kelas VIII B yang akan diterapkan dengan menggunakan pembelajaran kooperatif tipe STAD. Tujuan penelitian ini adalah mendeskripsikan pembelajaran berbantuan Mind Map pada materi lingkaran yang dapat meningkatkan hasil belajar siswa di SMP Negeri Model Terpadu Bojonegoro. Pendekatan penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (Classroom Action Research) atau PTK. Peneliti melakukan validasi instrument yang akan digunakan. Desain yang digunakan dalam penelitian ini mengacu pada model Kemmis dan Mc. Taggart. Data yang telah terkumpul kemudian dianalisis dengan teknik analisis interaktif yang dikembangkan Miles Huberman Penelitian dilaksanakan di kelas VIII B SMP Negeri Model Terpadu Bojonegoro yang terdiri dari 32 siswa. Hasil penelitian menunjukkan pembelajaran berbantuan Mind Map pada materi lingkaran dapat meningkatkan hasil belajar siswa. Peningkatan hasil belajar siswa ditunjukkan oleh beberapa kriteria yang memenuhi yaitu lembar Kegiatan Siswa (LKS) memiliki rata-rata 89 Mind Map yang dibuat oleh siswa memiliki skor rata-rata 92 hasil rata-rata kuis adalah 90 dan hasil tes akhir diperoleh bahwa skor rata-rata yang diperoleh adalah 84 dan ada 26 atau 81% siswa yang memperoleh skor minimal 75. Peningkatan hasil belajar siswa juga ditunjukkan oleh hasil Mind Map yang dihasilkan oleh siswa telah memuat materi yang rinci terdapat keterkaitan antar subbab yang benar dan kreatifitas yang tinggi melebihi harapan peneliti.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Matematika (MAT) > S2 Pendidikan Matematika
Depositing User: library UM
Date Deposited: 30 Jul 2015 04:29
Last Modified: 09 Sep 2015 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/110609

Actions (login required)

View Item View Item