Proses berpikir siswa bergaya kognitif field dependent dan field indepedent dalam menyelesaikan soal cerita dan scaffoldingnya / Siti Mariya Ulfa - Repositori Universitas Negeri Malang

Proses berpikir siswa bergaya kognitif field dependent dan field indepedent dalam menyelesaikan soal cerita dan scaffoldingnya / Siti Mariya Ulfa

Ulfa, Siti Mariya (2015) Proses berpikir siswa bergaya kognitif field dependent dan field indepedent dalam menyelesaikan soal cerita dan scaffoldingnya / Siti Mariya Ulfa. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Ulfa Siti Mariya. 2015. Proses Berpikir siswa Bergaya kognitif Field Dependent dan Field Independent dalam Menyelesaikan Soal Cerita dan Scaffoldingnya. Tesis. Program Studi Pendidikan Matematika Pascasarjana Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Dr. Subanji M.Si. (II) Dr. Hery Susanto M.Si. Kata Kunci Proses Berpikir Field Dependent dan Field Independent Soal Cerita Scaffolding Rendahnya hasil TIMSS dan PISA untuk Indonesia disebabkan karena siswa kebingungan mengerjakan soal cerita. Pada PISA hampir secara keseluruhan soal berbentuk cerita sedangkan di Indonesia soal-soal yang diberikan kepada siswa masih sedikit yang berbentuk cerita. Hal ini bisa dicermati dari soal-soal UN LKS dan buku pedoman siswa. Untuk melihat bagaimana siswa menyelesaikan soal cerita maka perlu dilakukan penelusuran proses berpikir. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan proses berpikir siswa bergaya kognitif field dependent dan field independent dalam menyelesaikan soal cerita sebelum dan saat scaffolding. Penelitian ini adalah penelitian kualitatif. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas VIII SMPN 5 Malang yaitu 2 orang siswa bergaya kognitif field dependent dan 2 orang siswa bergaya kognitif field independent. Penelitian ini dikumpulkan dengan menggunakan tes GEFT lembar tes soal cerita dan wawancara. Analisis data yang digunakan adalah konsep Miles dan Huberman yaitu reduksi data pemaparan data dan kesimpulan. Proses berpikir ditelusuri menggunakan fase entry attack dan review. Scaffolding yang digunakan mengacu pada scaffolding yang diungkapkan oleh Anghileri untuk level 2 dan 3. Soal cerita yang digunakan adalah soal cerita yang diadaptasi dari soal PISA untuk konten shape dan space. Hasil penelitian menunjukkan bahwa proses berpikir subjek field dependent terjadi pada semua fase namun mengalami kendala pada fase attack. Kendala yang ditemukan adalah mereka tidak dapat membuat dugaan sendiri jika dugaan yang pertama salah. Keduanya mengalami stuck dan tidak dapat menemukan solusi menuju aha . Scaffolding untuk level 2 dan 3 yaitu explaining reviewing restructuring dan developing conceptual thinking digunakan untuk setiap penyelesaian soal kepada subjek field dependent. Scaffolding juga terjadi secara bertingkat artinya satu scaffolding belum dapat membantu dalam menemukan solusi sehingga memerlukan scaffolding kembali. Proses berpikir subjek field independent terjadi pada semua fase namun mengalami kendala pada fase attack. Kendala yang ditemukan adalah mereka salah dalam mengambil langkah-langkah penyelesaian. Ketika menyadari kesalahannya mereka segera dapat menemukan langkah-langkah penyelesaian yang tepat. Tidak semua level scaffolding terjadi pada subjek field independent dan hanya dengan satu scaffolding mereka langsung menyadari kesalahannya.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Matematika (MAT) > S2 Pendidikan Matematika
Depositing User: library UM
Date Deposited: 29 Jul 2015 04:29
Last Modified: 09 Sep 2015 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/110599

Actions (login required)

View Item View Item