Lera, Kristoforus (2015) Pengembangan lembar kerja siswa berbasis penemuan terbimbing pada pokok bahasan segiempat untuk siswa kelas VII SMPN Satu Atap Lewaji / Kristoforus Lera. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
ABSTRAK Lera Kristoforus. 2015. Pengembangan Lembar Kerja Siswa Berbasis Penemuan Terbimbing Pada Pokok Bahasan Segiempat Untuk Siswa Kelas VII SMPN Satu Atap Lewaji. Tesis Program Studi Pendidikan Matematika Pascasarjana Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Prof. Akbar Sutawidjaja M.E. Ph.D (II) Dr. I Nengah Parta S.Pd M.Si. Kata Kunci Lembar Kerja Siswa Penemuan terbimbing Penelitian awal di SMPN Satu Atap Lewaji menunjukkan bahwa bahan ajar yang digunkan dalam pembelajaran masih konvensional yakni bahan ajar yang instan atau tinggal pakai. Bahan ajar tersebut adalah Lembar Kerja Siswa (LKS) yang diperoleh dari toko kemudian diperbanyak dan langsung digunakan dalam pembelajaran. LKS langsung menyajikan materi kemudian siswa diminta mengerjakan latihan soal seperti pada contoh yang disajikan. LKS seperti ini kurang sesuai dengan karekteristik siswa. Siswa kurang termotivasi dalam pembelajaran dan pada akhirnya cepat bosan dan malas untuk belajar. Oleh karena itu perlu dikembangkan LKS yang sesuai dengan karekterisitik siswa. Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan Lembar Kerja Siswa (LKS) berbasis penemuan terbimbing pada materi segiempat yang memenuhi kriteria valid praktis dan efektif. LKS yang dikembangkan didasarkan pada langkah-langkah pembelajaran penemuan terbimbing yakni menyajikan masalah menganalisis masalah menyusun konjektur dan menarik kesimpulan. Penelitian ini menggunakan model pengembangan Plomp yang terdiri atas tiga fase pengembangan yakni fase penelitian awal fase prototipe dan fase penilaian. Dari hasil validasi ahli dan praktisi diperoleh skor kevalidan LKS Va adalah 3 31. Dari hasil uji coba LKS diperoleh skor aktivitas guru K3 adalah 3 3 tingkat penguasaan kelas adalah 86 96% rata-rata skor aktivitas siswa R3 adalah 3 32 dan persentase siswa yang memberikan respon positif adalah 91 39%. Dengan demikian berdasarkan kriteria yang ditetapkan LKS yang dikembangkan memenuhi kriteria valid praktis dan efektif. Untuk mengoptimalkan pemanfaatan LKS berbasis penemuan terbimbing dalam pembelajaran di kelas maka peneliti memberikan saran-saran sebagai berikut (a) kegiatan penemuan membutuhkan waktu yang lama karena itu guru harus mampu mengatur waktu sehingga tujuan pembelajaran dapat tercapai (b) pembentukan kelompok harus heterogen sehingga siswa dengan kemampuan rendah dapat mempercepat proses belajarnya (c) guru harus selalu memberikan motivasi kepada siswa karena siswa seringkali bosan atau malas ketika melakukan kegiatan penemuan (d) LKS berbasis penemuan terbimbing perlu dikembangkan untuk materi lanjutan karena terbukti dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Matematika (MAT) > S2 Pendidikan Matematika |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 29 Jul 2015 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2015 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/110598 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |