Pengembangan media pembelajaran matematika berbantuan komputer berbasis konstruktivis untuk kelas X SMK pada materi geometri / Andika Putra R. - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengembangan media pembelajaran matematika berbantuan komputer berbasis konstruktivis untuk kelas X SMK pada materi geometri / Andika Putra R.

Putra R., Andika (2015) Pengembangan media pembelajaran matematika berbantuan komputer berbasis konstruktivis untuk kelas X SMK pada materi geometri / Andika Putra R. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Putra. R Andika. Pengembangan Media Pembelajaran Matematika Berbantuan Komputer Berbasis Konstruktivis Untuk Kelas X SMK pada Materi Geometri. Tesis. Program Studi Pendidikan Matematika Pascasarjana Universitas Negeri Malang. Pembimbing (1) Prof. Dr. H. Toto Nusantara M. Si. (2) Dr. Abdul Qohar S. Kom M. T. Kata Kunci Pengembangan Media Pembelajaran Geometri Borg dan Gall Minat belajar siswa dalam belajar matematika pada materi geometri dengan sub pokok bahasan jarak pada bangun ruang terlihat masih rendah. Materi ini termasuk salah satu topik dalam mata pelajaran matematika yang agak sulit dipahami siswa. Salah satu penyebab rendahnya minat belajar siswa adalah dalam mengajarkan materi ini guru masih menggunakan media buku dan penghapus papan yang dimisalkan sebagai bangun ruang sehingga menyebabkan pembelajaran menjadi kurang efektif dan pada saat menggambar guru memerlukan waktu yang lama. Berdasarkan masalah tersebut peneliti ingin mengembangkan media pembelajaran matematika berbantuan komputer berbasis konstruktivis pada materi geometri dengan sub pokok bahasan jarak pada bangun ruang dan dilengkapi dengan Lembar Kerja Siswa (LKS). Dengan menggunakan media pembelajaran ini diharapkan siswa dapat memahami materi jarak pada bangun ruang dengan baik. Media pembelajaran ini terdiri dari CD pembelajaran dan LKS. Tujuan dari penelitian ini adalah mendeskripsikan proses dan hasil pengembangan media pembelajaran matematika berbantuan komputer berbasis konstruktivis untuk SMK kelas X pada materi geometri dengan sub pokok bahasan jarak pada bangun ruang yang valid praktis dan efektif. Jenis penelitian ini adalah penelitian pengembangan dengan menggunakan prosedur penelitian Borg dan Gall yang telah dimodifikasi terdiri dari beberapa langkah utama yaitu analisis produk yang dikembangkan mengembangkan produk awal dan uji coba produk. Media ini diujicobakan ke SMK N 1 Singosari dengan mengambil satu kelas yaitu kelas X. Hasil penelitian ini menunjukan media yang dikembangkan valid dengan skor rata-rata kevalidan 3 36 praktis dengan skor rata-rata kepraktisan 3 58 dan efektif dengan ketuntasan penguasaan materi sebanyak 88 89% serta penilaian siswa 0 67 dengan kriteria positif. Berdasarkan pengembangan media ini disarankan agar dilakukan pengembangan media pembelajaran berbantuan komputer untuk materi jarak atau materi-materi lain yang lebih interaktif dan inovatif. Media ini juga dapat dijadikan sebagai inspirasi untuk melakukan pengkajian dan pengembangan yang lebih lanjut sehingga diperoleh media sejenis yang lebih baik. Adapun pembuatannya sebaiknya juga memperhatikan kelemahan-kelemahan media pembelajaran berbantuan komputer yang sudah ada.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Matematika (MAT) > S2 Pendidikan Matematika
Depositing User: library UM
Date Deposited: 23 Jul 2015 04:29
Last Modified: 09 Sep 2015 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/110589

Actions (login required)

View Item View Item