Analisis kesulitan siswa SMP dalam menyelesaikan masalah matematika pisa dan pelaksanaan scaffolding / Sunarti - Repositori Universitas Negeri Malang

Analisis kesulitan siswa SMP dalam menyelesaikan masalah matematika pisa dan pelaksanaan scaffolding / Sunarti

Sunarti (2015) Analisis kesulitan siswa SMP dalam menyelesaikan masalah matematika pisa dan pelaksanaan scaffolding / Sunarti. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Sunarti. 2015. Analisis Kesulitan Siswa SMP dalam Menyelesaikan Masalah Matematika PISA dan Pelaksanaan Scaffolding. Tesis Program Studi Pendidikan Matematika Pascasarjana Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Prof. Akbar Sutawidjaja M.Ed Ph.D (II) Dra. Santi Irawati M.Si Ph.D Kata Kunci analisis kesulitan masalah PISA scaffolding Programme for International Student Assessment (PISA) adalah suatu program penilaian siswa tingkat internasional yang diselenggarakan oleh Organisation for Economic Cooperation and Development (OECD) yang dilaksanakan setiap tiga tahun sekali. Fokus dari PISA adalah literasi yang menekankan pada keterampilan dan kompetensi siswa yang diperoleh dari sekolah dan dapat digunakan dalam kehidupan sehari-hari dalam berbagai situasi. Indonesia berpartisipasi sebagai peserta sejak tahun 2000 namun hasil yang diperoleh cenderung tidak memuaskan. Bahkan pada PISA 2012 posisi Indonesia nyaris sebagai juru kunci yaitu berada di peringkat 64 dari 65 negara yang berpartisipasi dalam tes. Ini berarti pendidikan di Indonesia masih jauh tertinggal jika dibandingkan dengan negara lain di dunia dan mengindikasikan bahwa literasi matematika siswa Indonesia sangat lemah sehingga masih mengalami kesulitan dalam menyelesaikan masalah PISA. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan tipe kesulitan siswa dalam menyelesaikan masalah matematika PISA dan pelaksanaan scaffoldingnya. Kesulitan siswa dianalisis dengan mengacu pada proses literasi matematika PISA yaitu formulate employ dan interpret sedangkan scaffolding yang dilakukan mengacu pada tahapan scaffolding Anghileri level 2 dan 3 yaitu explaining reviewing restructuring dan developing conceptual thinking. Jenis penelitian adalah deskriptif eksploratif menggunakan pendekatan kualitatif. Subjek penelitian terdiri dari 6 siswa SMP yang terbagi dalam 3 kelompok masing-masing dengan kemampuan matematika baik sedang dan kurang. Masalah yang diberikan terdiri dari 3 tema dengan 4 pertanyaan yang diadaptasi dari soal matematika PISA. Hasil penelitian menunjukkan kesulitan yang dialami siswa dalam menyelesaikan masalah PISA adalah (1) menuliskan atau merumuskan situasi/konteks masalah secara matematika (2) menggunakan konsep atau prosedur matematika yang sesuai untuk menemukan solusi dikarenakan kurangnya pemahaman awal dan (3) menginterpretasi/ menafsirkan hasil matematika yang diperoleh kembali ke dalam konteks masalah yang diberikan. Adapun scaffolding yang dilakukan sebagai upaya mengatasi kesulitan-kesulitan tersebut antara lain (1) memberikan instruksi agar siswa membaca dan mencermati masalah yang diberikan (2) mengajukan pertanyaan arahan yang dapat mempermudah siswa dalam memilih dan menggunakan konsep atau prosedur matematika yang sesuai untuk menemukan solusi (3) memberikan instruksi untuk meninjau kembali solusi/hasil yang diperoleh dan (4) mengajukan pertanyaan arahan yang dapat mempermudah siswa dalam menafsirkan hasil yang diperoleh kembali ke konteks masalah yang diberikan. Berdasarkan hasil penelitian ini peneliti memberikan beberapa saran antara lain (1) sebaiknya siswa dibiasakan berlatih dengan soal-soal yang sesuai karakter soal PISA (2) hendaknya siswa dibiasakan untuk menuliskan langkah atau proses penyelesaian dengan rinci (3) proses pemberian bantuan (scaffolding) hendaknya tetap memperhatikan prinsip teori konstruktivisme dan (4) kajian tentang masalah PISA dalam penelitian ini masih pada konten proses dan konteks terbatas sehingga perlu adanya penelitian lain yang lebih mendalam.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Matematika (MAT) > S2 Pendidikan Matematika
Depositing User: library UM
Date Deposited: 23 Jul 2015 04:29
Last Modified: 09 Sep 2015 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/110588

Actions (login required)

View Item View Item