Hadi, Mei Rina (2015) Analisis proses dan kesalahan translasi matematis antar representasi fungsi kuadrat oleh siswa SMA kelas X SMAN 10 Malang / Mei Rina Hadi. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
ABSTRAK Hadi Mei Rina. 2015.Analisis Proses dan Kesalahan Translasi Matematis antar Representasi Fungsi Kuadrat oleh Siswa Kelas X SMAN 10 Malang. Tesis Program Studi Pendidikan Matematika Pascasarjana Universitas Negeri Malang Pembimbing (I)Prof. Akbar Sutawidjaja M. Ed Ph.D. (II) Dr. Sri Mulyati M.Pd. Kata kunci translasi matematis representasi kesalahan translasi fungsi kuadrat Translasi atau proses translasi diartikan sebagai proses kognitif dalam mentransformasikan informasi yang termuat dalam suatu representasi (sumber) ke representasi yang lain (target).Kemampuan siswa untuk mentranslasikan representasi yang berbeda akan membantu guru menilai pemahaman siswa.Proses translasi matematis dapat dijabarkan dalam empat aktivitas yakni unpacking the source preliminary coordination constructing the targetdetermining equivalence.Pada proses translasi matematis juga dimungkinkan terjadi kesalahan kesalahan tersebut dapat dikategorikan sebagai interpretation error implementation error ataupreservation error.Penelitian ini dilaksanakan dengan tujuan mendeskripsikan proses dan kesalahan translasi matematis antar representasifungsi kuadrat yang dilakukan siswa kelas X. Penelitian difokuskan pada translasi antar representasi fungsi kuadrat dari grafik ke simbolik tabel ke simbolik dan verbal ke simbolik. Penelitian dilaksanakan di SMAN 10 Malang dengan subyek penelitian enam siswa kelas X yang telah mempelajari konsep fungsi kuadrat. Data yang dikumpulkan antara lain hasil uji translasi matematis hasil wawancara dan rekaman audio visual. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah uji translasi matematis pedoman wawancara dan rekaman audio visual. Analisis data difokuskan pada empat aktivitas translasi matematis dan kesalahan yang dilakukan selama proses translasi matematis. Hasil penelitian menunjukkan bahwa translasi matematis fungsi kuadrat dari grafik ke simbolik dapat dilakukan dengan baik dan lengkap oleh siswa kelompok tinggi sedangkan kelompok sedang dan rendah cukup baik namun masih belum memperoleh fungsi kuadrat yang sesuai. Kesalahan yang dilakukan siswa selama translasi dari grafik ke simbolik adalah kesalahan interpretasidan kesalahan implementasi. Translasi matematis dari tabel ke simbolik dilakukan dengan tuntas oleh siswa kelompok tinggi sedangkan kelompok sedang cukup baik namun berhenti pada proses konstruksi dan kelompok rendah menunjukkan adanya kesalahan pemahaman dari tabel yang diberikan sehingga belum dapat melakukan aktivitas konstruksi target. Kesalahan yang dilakukan siswa selama translasi dari tabel ke simbolik adalah kesalahan interpretasi dan kesalahan implementasi. Translasi matematis dari verbal ke simbolik hanya dapat dilakukan dengan tuntas oleh siswa kelompok tinggi sedangkan kelompok sedang dan rendah tidakmenunjukkan adanya proses konstruksi target. Pada translasi dari verbal ke simbolik siswa melakukan kesalahan interpretasi dan kesalahan pengawetan.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Matematika (MAT) > S2 Pendidikan Matematika |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 23 Jul 2015 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2015 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/110587 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |