Proses berpikir kreatif siswa kelas VII SMP dalam memecahkan masalah matematika berdasarkan kemampuan number sense siswa / Endang Ekawati - Repositori Universitas Negeri Malang

Proses berpikir kreatif siswa kelas VII SMP dalam memecahkan masalah matematika berdasarkan kemampuan number sense siswa / Endang Ekawati

Ekawati, Endang (2015) Proses berpikir kreatif siswa kelas VII SMP dalam memecahkan masalah matematika berdasarkan kemampuan number sense siswa / Endang Ekawati. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Ekawati Endang.2015.Proses Berpikir Kreatif Siswa Kelas VII SMP dalam Memecahkan Masalah Matematika Berdasarkan Kemampuan Number Sense Siswa.Tesis Prodi Pendidikan Matematika Pascasarjana UniversitasNegeriMalang.Pembimbing (I) Dr.Abdur Rahman As ari M.Pd M.A (II)Dr.Sisworo S.Pd. M.Si. KataKunci kreativitas proses berpikir kreatif number sense pemecahan masalah. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan proses berpikir kreatif siswa berdasarkan kemampuan number sense siswa.Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan subjek penelitian adalah tiga siswa (satu siswa dari tiap kelompok kemampuan number sense). Penelitian diawali dengan pemberian tes kemampuan number sense untuk menentukan subjek penelitian. Kemudian dilakukan pemberian masalah matematika dan dilakukan wawancara kepada ketiga subjek untuk menelusuri proses berpikir kreatifnya. Hasil penelitian menunjukkan bahwa subjek berkemampuan number sense tinggi mencermati mengidentifikasi menilai ketercukupan informasi dan merumuskan masalah pada langkah memahami masalah. Kemudian pada tahap menghasilkan ide saat memikirkan rencana subjek menelaah informasi mengaitkan informasi dengan masalah membuat dugaan strategi pemecahan dan memikirkan ide/strategi alternatif. Pada tahap mengklarifikasi ide subjek mencari informasi tambahan dan membandingkan ide-ide. Setelah itu subjek mencoba menerapkan ide-ide menggunakan fakta-fakta dan menarik kesimpulan kelayakan ide pada tahap menilai kelayakan ide. Tahap terakhir pada langkah memikirkan rencana adalah membuat keputusan. Tahap ini dilakukan subjek dengan membandingkan ide-ide yang layak mengidentifikasi kelebihan kekurangan masing-masing ide dan memilih ide yang paling layak. Kemudian subjek melaksanakan rencana yang dibuat dengan mengimplementasikan ide yang dipilih menata konsep/fakta untuk ide lanjutan menemukan gagasan kunci menguji gagasan kunci dan mengimplementasikan gagasan kunci. Langkah terakhir adalah melihat kembali yang dilakukan subjek dengan memeriksa langkah pengerjaan dan menguji solusi masalah. Subjek berkemampuan number sense sedang tidak menilai ketercukupan informasi mencari informasi tambahan mengenai ide menata fakta untuk ide lanjutan menemukan gagasan kunci menguji gagasan kunci mengimplementasikan gagasan kunci dan memeriksa langkah pengerjaan. Sedangkan subjek berkemampuan number sense rendah tidak menilai ketercukupan informasi memikirkan ide alternatif mencari informasi tambahan mengenai ide membandingkan ide mengidentifikasi kelebihan kelemahan ide menata fakta untuk ide lanjutan menemukan gagasan kunci menguji gagasan kunci dan mengimplementasikan gagasan kunci. Saran yang dapat diajukan berdasarkan penelitian ini adalah guru dapat meningkatkan kemampuan number sensesiswa untuk meningkatkan proses berpikir kreatifnya.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Matematika (MAT) > S2 Pendidikan Matematika
Depositing User: library UM
Date Deposited: 23 Jul 2015 04:29
Last Modified: 09 Sep 2015 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/110581

Actions (login required)

View Item View Item