Profil siswa dalam memecahkan masalah perbandingan berdasarkan langkah-langkah polya ditinjau dari adversity quotient / Erika Adisti Noviandari - Repositori Universitas Negeri Malang

Profil siswa dalam memecahkan masalah perbandingan berdasarkan langkah-langkah polya ditinjau dari adversity quotient / Erika Adisti Noviandari

Noviandari, Erika Adisti (2015) Profil siswa dalam memecahkan masalah perbandingan berdasarkan langkah-langkah polya ditinjau dari adversity quotient / Erika Adisti Noviandari. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Adisti Erika. 2015. Profil Siswa dalam Memecahkan Masalah Perbandingan Berdasarkan Langkah-Langkah Polya Ditinjau dari Adversity Quotient. Tesis. Jurusan Pendidikan Matematika Program Pascasarjana Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Prof. Dr. Akbar Sutawidjaja M.Pd. (II) Dr. Hery Susanto M.Si. Kata Kunci pemecahan masalah matematika perbandingan langkah-langkah Polya Adversity Quotient. Pada saat memecahkan masalah siswa memiliki kemampuan yang berbeda-beda dalam memecahkan masalah tersebut. Kemampuan siswa dalam memecahkan masalah disebut sebagai Adversity Quotient. Terdapat tiga kategori Adversity Quotient yaitu quitter camper dan climber. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan profil pemecahan masalah perbandingandari masing-masing siswa quitter camper dan climberberdasarkan langkah-langkah Polya. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif kualitatif. Subyek penelitian dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII MTs Surya Buana Malang. Subyek penelitian sebanyak 6 siswa yang terdiri atas 2 siswa quitter 2 siswa camper dan 2 siswa climber. Data penelitian berupa data tertulis dan lisan. Data tertulis diperoleh melalui tes pemecahan masalah matematika secara tertulis. Data lisan diperoleh dari wawancara yang dilakukan peneliti terhadap subyek penelitian. Hasil penelitian menunjukkan bahwa siswa quitter memecahkan masalah perbandingan sampai pada tahap memahami masalah. Dalam memahami masalah siswa quittermenyatakan hal-hal yang diketahui dan ditanyakan menggunakan bahasa soal serta belum mampu menentukan apakah informasi yang terdapat pada soal sudah cukup untuk menyelesaikan masalah. Siswa quitter tidak dapat menyusun rencana penyelesaian masalah sehingga mengalami kegagalan pada tahap melaksanakan rencana penyelesaian dan memeriksa kembali penyelesaian. Siswa camper memecahkan masalah perbandingan sampai pada tahap menyelesaikan rencana penyelesaian. Dalam memahami masalah siswa camper menyatakan hal-hal yang diketahui dan ditanyakan menggunakan bahasanya sendiri yang lebih sederhana dari soal serta dapat menentukan apakah informasi yang terdapat pada soal sudah cukup untuk menyelesaikan masalah. Siswa campermenyusun rencana penyelesaian masalah dengan benar dan dapat menyelesaikan masalah sesuai dengan perencanaannya tersebut. Dalam melaksanakan rencana penyelesaian siswa camper terampil dalam menghitung dan mengoperasikan aljabar sehingga diperoleh jawaban yang benar. Namun siswa camper belum mampu melakukan pemeriksaan kembali terhadap hasil yang diperoleh. Siswa climber memecahkan masalah perbandingan sampai pada tahap pemeriksaan kembali. Dalam memahami masalah siswa climber menyatakan hal-hal yang diketahui dan ditanyakan menggunakan bahasanya sendiri yang lebih sederhana dari soal serta dapat menentukan apakah informasi yang terdapat pada soal sudah cukup untuk menyelesaikan masalah. Siswa climber menyusun rencana penyelesaian dengan benar dan dapat menyelesaikan masalah sesuai dengan perencanaannya tersebut. Dalam melaksanakan rencana penyelesaian siswa climber terampil dalam menghitung dan mengoperasikan aljabar. Kemudian siswa climber dapat melakukan pemeriksaan kembali terhadap hasil yang diperoleh dengan menginterpretasikan hasil tersebut pada informasi yang terdapat pada soal.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Matematika (MAT) > S2 Pendidikan Matematika
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 13 Jul 2015 04:29
Last Modified: 09 Sep 2015 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/110580

Actions (login required)

View Item View Item