Strategi siswa kelas VII SMP Laboratorium UM dalam membandingkan dan mengurutkan bilangan rasional / Ratnah Kurniawati M.A. - Repositori Universitas Negeri Malang

Strategi siswa kelas VII SMP Laboratorium UM dalam membandingkan dan mengurutkan bilangan rasional / Ratnah Kurniawati M.A.

Kurniawati M.A, Ratnah (2015) Strategi siswa kelas VII SMP Laboratorium UM dalam membandingkan dan mengurutkan bilangan rasional / Ratnah Kurniawati M.A. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Kurniati Ratnah M.A. 2015.StrategiSiswaKelas VIISMP Laboratorium UMdalamMembandingkandan MengurutkanBilanganRasional.Tesis ProgramStudi PendidikanMatematika PascasarjanaUniversitasNegeri Malang. Pembimbing (1) Prof. Drs. Purwanto Ph.D. (2) Dr. Edy Bambang Irawan M.Pd. Kata Kunci strategi membandingkan dan mengurutkan bilangan bilangan rasional SMP Strategi siswa dalam membandingkan dan mengurutkan bilangan rasional sangatlah beragam.Berdasarkan penelitian awal yang dilakukan peneliti terdapat beberapa siswa yang menggunakan strategi yang tidak sesuai dalam membandingkan dan mengurutkan bilangan rasional. Untuk memperbaiki strategi siswa yang tidak sesuai maka perlu diketahui terlebih dahulu konsep awal yang dimiliki siswa atau dengan kata lain strategi yang dipahami siswa. Sehingga tujuanpenelitian ini adalah mendeskripsikanstrategisiswakelas VII SMP Laboratorium UMdalammembandingkandanmengurutkanbilanganrasional. Dalam penelitian ini dipilih 6 orang subjek penelitian yang memiliki kemampuan komunikasi yang baik dengan rincian 2 orang siswa berkemampuan tinggi 2 orang siswa berkemampuan sedang dan 2 orang siswa berkemampuan rendah. Tingkat kemampuan siswa diketahui dengan melihat skor siswa dalam menyelesaikan instrumen kemampuan siswa dalam membandingkan dan mengurutkan bilangan rasional. Selanjutnya peneliti melanjutkan pengambilan data dengan teknik wawancara. Dari hasil wawancara ini kemudian dilakukan analisis deskriptif kualitatif. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa (1) Dalam membandingkan dan mengurutkan bilangan bulat siswa menggunakan strategi place value strategi garis bilangan dan strategi mempositifkan atau memutlakkan. Strategi place value dan garis bilangan yang merupakan strategi yang sesuai dengan aturan bilangan bulat cenderung digunakan oleh siswa berkemampuan tinggi dan sedang. Adapun strategi mempositifkan yang tidak sesuai dengan aturan dalam bilangan bulat cenderung digunakan siswa berkemampuan rendah. (2) Dalam membandingkan dan mengurutkan bilangan desimal siswa menggunakan strategi reciprocal atau negative thinking strategi money thinking strategi perbandingan digit dan strategi whole number thinking atau longer is larger. Strategi reciprocal dan money thinkingdan strategi perbandingan digit cenderung digunakan oleh siswa berkemampuan tinggi dan sedang. Kedua strategi ini merupakan strategi yang sesuai dengan aturan dalam bilangan desimal. Sedangkan strategi whole number thinkingyangcenderung digunakan oleh siswa berkemampuan rendah merupakan contoh strategi yang tidak sesuai dengan aturan dalam bilangan desimal. (3) Dalam membandingkan dan mengurutkan bilangan pecahan siswa menggunakan strategi menyamakan penyebut strategi perumpamaan strategi mendesimalkan strategi transitive atau residual serta strategi whole number thinking. Strategi menyamakan penyebut dan strategi perumpamaan cenderung digunakan oleh siswa berkemampuan tinggi namun kedua strategi ini tidak sesuai dengan aturan dalam bilangan pecahan. Sedangkan strategi mendesimalkan serta strategi transitiveyang cenderung digunakan oleh siswa berkemampuan sedang merupakan contoh strategi yang sesuai dengan aturan dalam membandingkan bilangan pecahan. Adapunstrategi whole number thinkingyang cenderung digunakan oleh siswa berkemampuan rendah juga merupakan contoh strategi yang tidak sesuai dengan aturan bilangan pecahan. (4) Dalam membandingkan dan mengurutkan bilangan rasional siswa menggunakan strategi menyamakan jenis bilangan yang dikombinasikan dengan strategi garis bilangan. Strategi ini cenderung digunakan oleh siswa berkemampuan tinggi dan sedang serta merupakan strategi yang sesuai dengan aturan dalam membandingkan bilangan rasional. Selain itu terdapat pula strategi whole number thinking yang cenderung digunakan oleh siswa berkemampuan rendah. Namun strategi whole number thinking ini merupakan salah satu strategi yang tidak sesuai dengan aturan dalam membandingkan/mengurutkan bilangan rasional.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Matematika (MAT) > S2 Pendidikan Matematika
Depositing User: library UM
Date Deposited: 13 Jul 2015 04:29
Last Modified: 09 Sep 2015 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/110579

Actions (login required)

View Item View Item