Penerapan pendekatan saintifik dalam pembelajaran matematika untuk meningkatkan hasil belajar siswa kelas VII D SMPN 9 Malang / Suci Wulandari - Repositori Universitas Negeri Malang

Penerapan pendekatan saintifik dalam pembelajaran matematika untuk meningkatkan hasil belajar siswa kelas VII D SMPN 9 Malang / Suci Wulandari

Wulandari, Suci (2015) Penerapan pendekatan saintifik dalam pembelajaran matematika untuk meningkatkan hasil belajar siswa kelas VII D SMPN 9 Malang / Suci Wulandari. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Wulandari Suci. 2015. Penerapan Pendekatan Saintifik dalam Pembelajaran Matematika untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas VII D SMP N 9 Malang. Program Studi Pendidikan Matematika Pascasarjana Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Prof. Dr. Ipung Yuwono M.S. M.Sc. (II) Dra. Santi Irawati Ph.D. Kata kunci pendekatan saintifik pembelajaran matematika hasil belajar. Kebermaknaan suatu proses membelajarkan memiliki peranan penting dalam keberhasilan suatu pembelajaran. Untuk menciptakan pembelajaran matematika yang bermakna diperlukan keaktifan siswa dalam mengonstru konsep-konsep dan struktur materi. Berdasarkan observasi pembelajaran di kelas VII D SMP N 9 Malang pembelajaran yang dilaksanakan bersifat mekanistik. Maksudnya guru mendominasi pembelajaran sedangkan siswa hanya menerima materi yang disampaikan guru. Pembelajaran yang seperti ini mengakibatkan siswa tidak aktif mengonstruk pengetahuan dan ketidakbermaknaan proses pembelajaran sehingga berdampak pada rendahnya hasil belajar siswa. itu sendiri yaitu dari 32 siswa hanya 1 siswa yang nilainya mencapai 75. Padahal kurikulum 2013 yang dipakai oleh sekolah telah menganjurkan pendekatan saintifik untuk diterapkan pada pembelajaran matematika. Pendekatan saintifik sangat cocok untuk masalah yang ditemukan pada kelas tersebut karena pendekatan saintifik telah mengacu pada teori belajar konstruktivist. Oleh karena itu penelitian ini dilaksanakan untuk mendeskripsikan penerapan pendekatan saintifik dalam pembelajaran matematika untuk meningkatkan hasil belajar siswa kelas VII SMPN 9 Malang. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian tindakan kelas (PTK). Subjek penelitian adalah siswa kelas VII D SMP N 9Malang yang berjumlah 32 orang siswa. Penelitian ini dilaksanakan dalam duasiklus. Siklus pertama terdiri dari empat pertemuan pembelajaran dan satupertemuan untuk pelaksanaan tes akhir siklus I. Siklus kedua terdiri dari tigapertemuan pembelajaran dan satu pertemuan untuk pelaksanaan tes akhir siklus II.Data yang dikumpulkan diperoleh dari hasil pengerjaan LKS hasil kuis setiappertemuan hasil tes akhir siklus hasil observasi aktivitas guru hasil observasiaktivitas siswa dan hasil wawancara. Hasil penelitian mendeskripsikan langkah-langkah pembelajaranmatematika dengan pendekatan saintifik yang dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas VII D SMP N 9 Malang pada materi persamaan dan pertidaksamaan linier satu variabel. Langkah-langkah pendekatan saintifik yang diterapkan yaitu mengamati menanya mengumpulkan informasi menalar dan mengomunikasikan. Pada kegiatan mengamati siswa dihadapkan dengan beberapa contoh persamaan dan pertidaksamaan linier satu variabel. Siswa membadingkan mengidentifikasi dan menemukan ciri-cirinya. Pada kegiatan menanya siswa membuat pertanyaan berdasarkan hasil pengamatannya. Siswadibantu dengan memberikan kata-kata kunci yang harus termuat pada pertanyaanyang dibuatnya dan guru memberikan contoh pertanyaan. Selanjutnya pada kegiatan mengumpulkan informasi siswa diberikan kesempatan untuk membaca buku dan bertanya kepada guru berkaitan dengan materi yang dipelajari. Pada kegiatan menalar siswa diberikan beberapa pertanyaan sehingga mereka dapat menyimpulkan materi yang dipelajinya. Kemudian pada kegiatan mengomunikasikan siswa diberikan kesempatan menyampaikan kesimpulansecara lisan maupun tulisan.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Matematika (MAT) > S2 Pendidikan Matematika
Depositing User: library UM
Date Deposited: 13 Jul 2015 04:29
Last Modified: 09 Sep 2015 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/110576

Actions (login required)

View Item View Item