Defragmenting struktur berpikir melalui refleksi untuk memperbaiki kesalahan siswa dalam menyelesaikan soal cerita pada materi balok / Erna Gunawati - Repositori Universitas Negeri Malang

Defragmenting struktur berpikir melalui refleksi untuk memperbaiki kesalahan siswa dalam menyelesaikan soal cerita pada materi balok / Erna Gunawati

Gunawati, Erna (2015) Defragmenting struktur berpikir melalui refleksi untuk memperbaiki kesalahan siswa dalam menyelesaikan soal cerita pada materi balok / Erna Gunawati. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Gunawati Erna. 2015. Defragmenting struktur berpikir melalui refleksi untuk memperbaiki kesalahan siswa dalam menyelesaikan soal cerita pada materi balok. Tesis Jurusan Pendidikan Matematika Pascasaijana Universitas Negeri Malang. Pembimbing (1) Prof. Dr. H. Toto Nusantara M.Si. (2) Dr. Abd. Qohar MT. Kata kunci Defragmenting Kesalahan Siswa Soal Cerita Materi Balok Soal cerita masih merupakan soal yang sulit bagi siswa sehingga banyak siswa yang masih melakukan kesalahan-kesalahan dalam menyelesaikannya. Kesalahan-kesalahan itu antara lain kesalahan memahami soal kesalahan melakukan penghitungan kesalahan dalam melakukan operasi aljabar dan lainnya. Kesalahan juga sering dilakukan oleh siswa dalam menyelesaikan soal cerita materi balok. Oleh karena itu penelitian ini mengkaji tentang defragmenting struktur berpikir melalui refleksi untuk memperbaiki kesalahan siswa dalam menyelesaikan soal cerita materi balok. Penelitian ini bertujuan untuk mendapatkan deskripsi defragmenting struktur berpikir melalui melalui refleksi untuk memperbaiki kesalahan siswa dalam menyelesaikan soal cerita materi balok. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif yang dilakukan pada Siswa kelas IX SMPN 6 Penajam Paser Utara yang sudah menempuh materi bangun ruang sisi datar. Siswa diberikan soal cerita materi balok kemudian diambil 6 orang yang dijadikan sebagai subjek penelitian dengan rincian 2 siswa berkemampuan rendah 2 siswa berkemampuan sedang dan 2 siswa berkemampuan tinggi. Pengambilan data dilakukan dengan metode think-out-loud (TOL) atau sering disebut think aloud. Dalam metode TOL siswa diminta untuk mengungkapkan dengan keras apa yang sedang dipikirkan ketika mengerjakan masalah yang diberikan. Data yang diperoleh kemudian dikodekan dan dijadikan dasar untuk menggambarkan proses defragmenting yang dilakukan. Dari hasil penelitian ditemukan bahwa kesalahan siswa dalam menyelesaikan soal cerita materi balok adalah kesalahan siswa dalam proses memahami soal melakukan operasi perkalian dan pembagian siswa kurang terbiasa dengan jenis soal terbuka sehingga siswa tidak berusaha mencari jawaban lain dan ketidak lengkapan struktur berpikir siswa dalam proses melaksanakan cara penyelesaian. Adapun defragmenting yang dilakukan peneliti untuk memperbaiki kesalahan siswa tersebut adalah 1) Meminta S1 untuk menuliskan bagian yang diketahui dan bagian yang ditanyakan dari soal yang diberikan dan memberikan indeks berbeda untuk membedakan keterangan pada kolam lama dan kolam baru 2) Meminta S1 untuk mengingat kembali tentang cara menghitung volume kemudian meminta S1 menentukan volume kolam awal V_1 p_1 l_1 t_1dan volume kolam baru V_2 4 V_1 3) Meminta S1 untuk mensubtitusikan hasil V2 dan l2 ke rumus volume kolam baru V_2 p_2 l_2 t_2 4) Meminta S1 menyelesaikan p_2 t_2 36 dengan bantuan tabel 5) Meminta S1 untuk mengecek kembali jawaban yang diperoleh dengan mengambil pasangan bilangan pada tabel kemudian mencocokkan hasil V_2 p_2 l_2 t_2 dengan V_2 4 V_1.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Matematika (MAT) > S2 Pendidikan Matematika
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 13 Jul 2015 04:29
Last Modified: 09 Sep 2015 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/110574

Actions (login required)

View Item View Item