Pemahaman siswa tentang equal sign dalam menyelesaikan tugas matematika / Setiawan Budi Sartati - Repositori Universitas Negeri Malang

Pemahaman siswa tentang equal sign dalam menyelesaikan tugas matematika / Setiawan Budi Sartati

Sartati, Setiawan Budi (2015) Pemahaman siswa tentang equal sign dalam menyelesaikan tugas matematika / Setiawan Budi Sartati. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Sartati S.B. 2015. PemahamanSiswatentangEqual Sign dalamMenyelesaikanTugasMatematika. Tesis Pascasarjana Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Dr. Subanji M. Si. (II) Dr. Sisworo M. Si. Kata kunci equal sign operational basic relational substitution matematika aritmetika aljabar. Equal sign adalah sebuah tanda yang digunakan sebagai penghubung pada kalimat kesetaraan. Equal sign diuraikan menjadi tiga bagian di antaranyaequal sign sebagai operational yaitu untuk menunjukkan hasil equal sign sebagai basic relational yaitu menyatakan kesamaan hasil operasi dan equal sign sebagai substitution yaitu menyatakan penggantian satu representasi dengan yang lain.Hasilobservasimenunjukkanbahwasiswaterpakupadapandanganequal sign hanyasebagaioperational haliniterlihatdarikekeliruanmunculuntukpadapernyataan yang berlanjut misalnya3 4 7 2 . Menanggapihaltersebut penelitimelakukanpenelitianuntukmendeskripsikanpemahaman siswa tentang equal sign dalammenyelesaikantugasmatematika. Penelitianinitermasukdalampenelitiandeskriptifkualitatif.Pada penelitian data yang dikumpulkan merupakan data hasil kerja siswa dan data verbal (hasilwawancara). Subjek penelitiannya adalah 6 siswa kelas VII MTs Attariqie Malang tahun pelajaran 2014/2015 dengan perincian 2 siswa berkemampuan tinggi 2 siswa berkemampuan sedang dan 2 siswa berkemampuan rendah. Pemahamansiswatentangequal sign selanjutnyadikajidenganmemberikantesdanwawancarapadaenamsubjekpenelitian. Wawancara dilakukan secara individu setelah siswa mengerjakan soal secara individu. Adapuntugasmatematikamemuatpermasalahanaritmetikadanaljabar. Berdasarkanhasilpenelitian semuasubjekmampumemahamiequal sign sebagaioperationaldanequal sign sebagaisubstitution.Untukequal sign sebagaibasic relational hanyasiswa yang berkemampuantinggi yang mampumemahaminya.Pemahaman siswa-siswa yang berkemampuansedangdanrendah yang sudah mengakar pada pola operasional yaituequal sign sebagaioperationalmenyebabkankekeliruanmemahamiequal sign sebagaibasic relational misalnya14 11 25 8dimana siswa hanya memperhatikan hasil operasi 14 ditambah 11 yaitu sama dengan 25 tanpa memperhatikan hubungan operasi penjumlahan dengan 8.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Matematika (MAT) > S2 Pendidikan Matematika
Depositing User: library UM
Date Deposited: 10 Jul 2015 04:29
Last Modified: 09 Sep 2015 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/110573

Actions (login required)

View Item View Item