Penerapan pembelajaran conjectural inquiry untuk memahamkan siswa pada materi barisan dan deret kelas X MIA 2 SMA Negeri 1 Paguyaman / Nanang Khoirudin - Repositori Universitas Negeri Malang

Penerapan pembelajaran conjectural inquiry untuk memahamkan siswa pada materi barisan dan deret kelas X MIA 2 SMA Negeri 1 Paguyaman / Nanang Khoirudin

Khoirudin, Nanang (2015) Penerapan pembelajaran conjectural inquiry untuk memahamkan siswa pada materi barisan dan deret kelas X MIA 2 SMA Negeri 1 Paguyaman / Nanang Khoirudin. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Khoirudin N. 2015. Penerapan Pembelajaran Conjectural Inquiry untuk Memahamankan Siswa pada Materi Barisan dan Deret Kelas X MIA 2 SMA Negeri 1 Paguyaman. Tesis. Pascasarjana Pendidikan Matematika Universitas Negeri Malang. Pembimbing (1) Dr. H. Subanji M.Si (2) Dr. Hery Susanto M.Si. Kata Kunci Pemahaman Matematis Pembelajaran Conjectural Inquiry Barisan dan Deret Pemahaman siswa terhadap materi merupakan salah satu tujuan dari setiap pembelajaran. Oleh karena itu untuk mencapai tujuan tersebut guru harus tepat dalam memilih pembelajaran yang akan digunakan. Salah satu pembelajaran yang dapat memahamkan siswa terhadap materi yang dipelajari adalah pembelajaran conjectural inquiry. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan pembelajaran conjectural inquiry yang dapat memahamkan siswa pada materi barisan dan deret kelas X MIA 2 di SMA Negeri 1 Paguyaman. Penelitian ini menggunakan model Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Dalam penelitian ini terdiri dari dua siklus dan setiap siklusnya terdiri dari empat tahap yaitu perencanaan tindakan observasi dan refleksi. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas X MIA 2 SMA Negeri 1 Paguyaman sebanyak 30 siswa. Data yang dikumpulkan pada penelitian ini adalah data hasil observasi tindakan guru dan respon siswa serta hasil tes siklus I dan siklus II untuk mengetahui pemahaman siswa terhadap materi barisan dan deret. Hasil penelitian menunjukan bahwa (1) penerapan pembelajaran conjectural inquiry dapat memahamkan siswa pada materi barisan dan deret yang meliputi (a) observasi yaitu guru mengajukan masalah berupa soal cerita terkait barisan dan deret serta mengajak siswa untuk tanya jawab secara klasikal (b) siswa membuat rumusan masalah berupa kalimat tanya terkait dengan barisan dan deret yang diberikan di LKS (c) siswa mengumpulkan data dengan cara membuat pola sesuai dengan masalah yang ada di LKS (d) guru mengarahkan dan memberikan bimbingan kepada siswa untuk membuat konjektur atau dugaan rumus barisan dan deret (e) siswa memeriksa kebenaran rumus barisan dan deret yang didapat dengan menggunakan data-data yang ada dan (f) siswa membuat kesimpulan (2) hasil tes menunjukkan bahwa ketuntasan belajar siswa secara klasikal pada sikus I dan II berturut-turut ialah 73 33% dan 83 33% dari 30 siswa.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Matematika (MAT) > S2 Pendidikan Matematika
Depositing User: library UM
Date Deposited: 01 Jul 2015 04:29
Last Modified: 09 Sep 2015 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/110569

Actions (login required)

View Item View Item