Pengembangan perangkat pembelajaran berbasis inquiry untuk materi perbandingan pada matematika dan penerapannya pada materi gerak fisika kelas VII SMP Negeri 1 Tuban / Dyah Malaysianti - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengembangan perangkat pembelajaran berbasis inquiry untuk materi perbandingan pada matematika dan penerapannya pada materi gerak fisika kelas VII SMP Negeri 1 Tuban / Dyah Malaysianti

Malaysianti, Dyah (2015) Pengembangan perangkat pembelajaran berbasis inquiry untuk materi perbandingan pada matematika dan penerapannya pada materi gerak fisika kelas VII SMP Negeri 1 Tuban / Dyah Malaysianti. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Malaysianti Dyah 2015. Pengembangan Perangkat Pembelajaran Berbasis Inquiry Untuk Materi Perbandingan Pada Matematika Yang Penerapannya Pada Materi Gerak Fisika Kelas VII SMP Negeri 1 Tuban.Tesis Program Studi Pendidikan Matematika Pascasarjana Universitas Negeri Malang. Pembimbing (1) Prof. Drs. H. Akbar Sutawidjaya M.Ed Ph.D dan (2) Dr. Sri Mulyati M.Pd Kata Kunci Pengembangan Perangkat Pembelajaran Inquiry Perbandingan Penelitian inibertujuanuntuk menghasilkan perangkat pembelajaran berbasis Inquiry Untuk Materi Perbandingan pada Matematika yang penerapannya pada materi Gerak Fisika Kelas VII SMP Negeri 1 Tubanyang valid praktis dan efektif.Penelitian ini adalah penelitian pengembangan (development research) Produk yang dihasilkan dalam penelitian ini adalah pengembangan perangkat pembelajaran berbasis Inquiry untuk materi Perbandingan pada Matematika yang penerapannya pada materi Gerak Fisika. Produk tersebut terdiri atas 3 komponen yaitu 1) Lembar Kegiatan Siswa (LKS) 2) Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) dan 3) Tes Hasil Belajar (THB). Proses pengembangan menggunakan model 4-D dari Thiagarajan Semmel dan Semmel.Uji coba dilakukan pada siswa kelasVII SMP N 1 Tuban. Hasil yang diperoleh pada uji coba tersebut valid praktis dan efektif. Sebagai implikasi yang diperoleh dari hasil penelitian ini disarankan (1) bagi peneliti yang berminat mengembangkan lebih lanjut penelitian ini diharapkan mencermati keterbatasan penelitian sehingga penelitian selanjutnya dapat menyempurnakan hasil penelitian ini (2) hendaknya dikembangkan juga untuk materi lain agar dapat membuat siswa lebih aktif senang dan tertarik dalam belajar Matematika dan Fisika.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Matematika (MAT) > S2 Pendidikan Matematika
Depositing User: library UM
Date Deposited: 15 Jun 2015 04:29
Last Modified: 09 Sep 2015 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/110562

Actions (login required)

View Item View Item