Proses berpikir siswa kelas VII dalam memecahkan masalah matematika ditinjau dari tipe kepribadian dan gender di SMP Negeri 2 Malang / Wahdaniar Sri Utami - Repositori Universitas Negeri Malang

Proses berpikir siswa kelas VII dalam memecahkan masalah matematika ditinjau dari tipe kepribadian dan gender di SMP Negeri 2 Malang / Wahdaniar Sri Utami

Utami, Wahdaniar Sri (2015) Proses berpikir siswa kelas VII dalam memecahkan masalah matematika ditinjau dari tipe kepribadian dan gender di SMP Negeri 2 Malang / Wahdaniar Sri Utami. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Utami Wahdaniar Sri .2015. Proses Berpikir Siswa Kelas VII dalam Memecahkan Masalah Matematika Ditinjau dari Tipe Kepribadian dan Gender Di SMP Negeri 2 Malang. Tesis Program Studi Pendidikan Matematika Pascasarjana Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Prof. Dr. Cholis Sa dijah M.Pd M.A dan (II) Dr. Sisworo S.Pd M.Si. Kata Kunci Proses Berpikir Tipe Kepribadian Gender Penelitian ini dilatarbelakangi oleh adanya fakta di lapangan bahwa banyak guru matematika tidak mengetahui tentang kepribadian siswa. Padahal ini penting agar pembelajaran matematika dapat berjalan dengan optimal. Dalam suatu kelas juga terdapat keragaman gender atau perbedaan jenis kelamin yaitu siswa laki-laki dan perempuan. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan proses berpikir siswa berdasarkan tipe kepribadian dan gender. Penelitian ini dilakukan di kelas VII SMP Negeri 2 Malang. Subjek yang digunakan dalam penelitian ini sebanyak 8 siswa yang diambil dari siswa kelas VIIC dan VIIE. yang terdiri dari 2 siswa ekstrovert laki-laki 2 siswa ekstrovert perempuan 2 siswa introvert laki-laki dan 2 siswa introvert perempuan. Pengumpulan data dilakukan melalui tes penggolongan tipe kepribadian dan tes matematika kepada subjek penelitian serta wawancara terhadap subyek penelitian. Kriteria proses berpikir pada penelitian ini mengacu pada langkah-langkah pemecahan masalah menurut Polya yaitu (a) memahami masalah (b) membuat rencana (c) melaksanakan rencana dan (d) melihat kembali. Berdasarkan hasil penelitian diperoleh proses berpikir siswa laki-laki dengan tipe kepribadian ekstrovert dalam memahami masalah dapat memaparkan hal-hal yang diketahui dan ditanyakan dari masalah memiliki rencana strategi penyelesaian tetapi tidak yakin dengan jawabannya dan tidak melakukan tahapan pengecekan kembali. Siswa perempuan dengan tipe kepribadian ekstrovert kurang dapat menyelesaikan masalah matematika yang diberikan dengan baik dan tidak melakukan tahapan pengecekan kembali. Siswa laki-laki dengan tipe kepribadian yang introvert kurang dapat menyelesaikan masalah yang diberikan terkadang rencana tersebut tidak dipergunakan dalam pemecahan masalah. Siswa perempuan dengan tipe kepribadian yang introvert dapat menyelesaikan masalah yang dihadapi dengan baik memiliki strategi rencana penyelesaian dan dapat menyelesaikan dengan cukup baik melakukan pengecekan kembali terhadap jawaban.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Matematika (MAT) > S2 Pendidikan Matematika
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 12 Jun 2015 04:29
Last Modified: 09 Sep 2015 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/110560

Actions (login required)

View Item View Item