Penerapan Problem Based Learning (PBL) untuk meningkatkan hasil belajar pada materi aritmetika sosial / Eva Maryana - Repositori Universitas Negeri Malang

Penerapan Problem Based Learning (PBL) untuk meningkatkan hasil belajar pada materi aritmetika sosial / Eva Maryana

Maryana, Eva (2015) Penerapan Problem Based Learning (PBL) untuk meningkatkan hasil belajar pada materi aritmetika sosial / Eva Maryana. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Maryana Eva. 2015. Penerapan Problem Based Learning (PBL) Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Pada Materi Aritmetika Sosial. Tesis. Program Studi Pendidikan Matematika Pascasarjana Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Prof. Drs. Purwanto Ph.D. (II) Dr. Edy Bambang Irawan M.Pd. Kata kunci Problem Based Learning (PBL) Hasil Belajar dan Aritmetika Sosial Aritmetika sosial merupakan materi matematika berkaitan dengan penggunaan mata uang. Uang sangat akrab dengan kehidupan sehari-hari siswa. Faktanya sebagian besar siswa SMPN 1 Kotagajah mengalami kesulitan menyelesaikan soal aritmetika sosial. Hasil belajar siswa pada materi ini rendah. Pembelajaran berpusat pada guru diduga merupakan salah satu penyebabnya. Peneliti mengatasi hal ini dengan menerapkan Problem Based Learning (PBL). Tujuan penelitian adalah mendeskripsikan tahap-tahap Problem Based Learning (PBL) yang dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada materi aritmetika sosial. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis Penelitian Tindakan Kelas. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas VII A SMPN 1 Kotagajah sebanyak 24 siswa. Penelitian ini dilaksanakan dua siklus. Siklus pertama terdiri dari 4 pertemuan dengan satu pertemuan merupakan pelaksanaan tes. Siklus kedua merupakan penyempurnaan siklus pertama yang kurang berhasil yaitu pada pertemuan pertama. Data yang dikumpulkan pada penelitian ini adalah nilai tes hasil belajar siswa hasil observasi aktivitas siswa dan guru serta hasil wawancara. Data dikumpulkan melalui tes observasi dan wawancara. Berdasarkan hasil penelitian diperoleh bahwa hasil belajar siswa pada materi aritmetika sosial meningkat setelah menerapkan Problem Based Learning (PBL). Tahap-tahap Problem Based Learning (PBL) pada materi aritmetika sosial adalah (a)Mengarahkan siswa pada masalah kegiatan jual beli (b)Mengorganisasikan siswa untuk belajar (c)Membantu siswa untuk melakukan penyelidikan dalam menyelesaikan masalah kegiatan jual beli (d)Mengembangkan dan menyajikan hasil karya setelah siswa menyelesaikan masalah kegiatan jual beli (e)Menganalisis dan mengevaluasi proses pemecahan masalah kegiatan jual beli. Peningkatan hasil belajar ini ditunjukan dengan perubahan siswa menjadi lebih mandiri berani menyampaikan pendapat lebih aktif dan dapat menyelesaikan tugas dengan baik. Siswa mampu memahai dan menyelesaikan masalah aritmetika sosial dengan baik dan benar.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Matematika (MAT) > S2 Pendidikan Matematika
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 05 Jun 2015 04:29
Last Modified: 09 Sep 2015 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/110559

Actions (login required)

View Item View Item