Pengembangan bahan ajar dengan pendekatan saintifik untuk membangun penalaran siswa kelas X SMK pada materi trigonometri / Suyanto - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengembangan bahan ajar dengan pendekatan saintifik untuk membangun penalaran siswa kelas X SMK pada materi trigonometri / Suyanto

Suyanto (2015) Pengembangan bahan ajar dengan pendekatan saintifik untuk membangun penalaran siswa kelas X SMK pada materi trigonometri / Suyanto. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Suyanto 2015. Pengembangan Bahan Ajar Dengan Pendekatan Saintifik Untuk Membangun Kemampuan Penalaran Siswa Kelas X SMK Pada Materi Trigonometri. Tesis. Program Studi Pendidikan Matematika Pascasarjana Universitas Negeri Malang. Pembimbing (1) Dr. Edy Bambang Irawan M. Pd (2) Dra. Santi Irawati M.Si. Ph.D Kata Kunci Pengembangan Bahan Ajar Pendekatan Saintifik Kemampuan Penalaran Model Pengembangan 4D oleh Thiagarajan Trigonometri. Berdasarkan hasil pengamatan dan wawancara terhadap teman sejawat dan siswa SMK Negeri Ngraho diperoleh informasi bahwa siswa mengalami kesulitan mempelajari materi trigonometri. Kesulitan ini disebabkan belum tersedianya bahan ajar yang sesuai dengan tuntutan kurikulum 2013. Pemberian materi trigonometri bertepatan dengan Praktek Kerja Industri. Ditambah lagi guru belum siap menyusun bahan ajar secara mandiri. Bahan ajar yang digunakan oleh guru dan siswa selama ini masih berdasarkan kurikulum KTSP 2006. Kemampuan penalaran merupakan kemampuan yang esensial dan fundamental dalam pembelajaran matematika.Kemampuan ini sangat penting untuk mengetahui dan mengerjakan permasalahan matematika. Kemampuan ini harus dilatih sehingga terbentuk pola pikir. Pola pikir yang dikembangkan dengan penalaran matematika adalah melibatkan pemikiran yang kritis sistematis logis serta kreatif. Oleh karena itu membangun penalaran dibutuhkan para siswa ketika mempelajari matematika. Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan bahan ajar untuk membangun penalaran siswa kelas X SMK pada materi trigonometri melalui pendekatan saintifik yang valid praktis dan efektif. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian pengembangan merujuk model pengembangan 4D oleh Thiagarajan. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas XI TKJ 1 SMK Negeri Ngraho sejumlah 33 orang. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara observasi dan tes. Hasil penelitian ini berupa bahan ajar untuk pembelajaran trigonometri siswa kelas X melalui pendekatan saintifik yang valid praktis dan efektif. Hal ini dibuktikan dari hasil validasi ketiga validator diperoleh skor kevalidan produk pengembangan yang terdiri dari Lembar Kerja Siswa (LKS) dan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) berturut-turut 3 13 dan 3 07 dari skor maksimal 4. Berdasarkan hasil penilaian di atas LKS dan RPP yang disusun telah memenuhi kriteria valid. Hasil observasi mengenai tingkat keterlaksanaan penggunaan LKS berada dalam kategori tinggi dan hasil observasi aktivitas guru dalam kategori aktif sehingga bahan ajar memenuhi kriteria praktis. Keefektifan diamati melalui beberapa indikator yaitu (1) Nilai tes siswa (2) observasi aktivitas siswa dan (3) angket respon siswa. Berdasarkan uji coba lapangan yang dilakukan diperoleh hasil yaitu sebanyak 82% siswa mendapat nilai minimal 75 sehingga memenuhi kriteria ketuntasan belajar yang diharapkan. Observasi aktivitas siswa dalam kategori aktif dan perhitungan angket respon siswa menunjukkan bahwa respon siswa positif. Berdasarkan indikator-indikator tersebut dapat disimpulkan bahan ajar yang dikembangkan telah memenuhi kriteria efektif.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Matematika (MAT) > S2 Pendidikan Matematika
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 01 Jun 2015 04:29
Last Modified: 09 Sep 2015 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/110558

Actions (login required)

View Item View Item