Prihartini, Endang Suhartatik (2015) Problem based learning berbantuan link map untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada materi program linear di kelas XI Farmasi SMK Bakti Indonesia Medika Jombang / Endang Suhartatik Prihartini. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
ABSTRAK Prihartini Endang Suhartatik. 2015. Problem Based Learning Berbantuan Link Map untuk Meningkatkan Hasil Belajar pada Materi Program Linear di Kelas XI Farmasi SMK BIM Jombang. Tesis Pendidikan Matematika Pascasarjana Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Dr. I Nengah Parta M. Si (II) Dr. Hery Susanto M.Si Kata kunci Problem Based Learning Berbantuan Link Map teori beban kognitif hasil belajar Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan Problem Based Learning berbantuan Link Map pada materi program linear yang dapat meningkatkan hasil belajar siswa di Kelas XI Farmasi SMK Bakti Indonesia Medika Jombang. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan data utama berupa data tentang tindakan guru. Analisis data yang digunakan adalah dengan mereduksi data menyajikan data dan menarik kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa Problem Based Learning berbantuan Link Map dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas XI Farmasi SMK Bakti Indonesia Medika Jombang. Problem Based Learning berbantuan Link Map memiliki langkah sebagai berikut (1) Mengorientasikan siswa pada masalah (2) mengorganisasikan siswa untuk belajar (3) membimbing penyelidikan individu dan kelompok (4) mengembangkan dan menyajikan hasil karya (5) menganalisa dan mengevaluasi hasil belajar. Pada tahap membimbing penyelidikan individu dan kelompok guru meminta siswa untuk menyusun Link Map tentang materi pembelajaran. Saran yang dapat disampaikan berdasarkan hasil penelitian ini antara lain (1) Bagi para guru apabila menggunakan Problem Based Learning berbantuan Link Map hendaknya menguasai betul sintaksnya (2) Sebaiknya guru lebih memperhatikan alokasi waktu yang digunakan dalam pembelajaran. Terutama pada tahap membimbing penyelidikan individu dan kelompok serta pada tahap mengembangkan dan menyajikan hasil karya. Pada tahap itu peran guru sebagai fasilitator sangat dibutuhkan terutama dalam pengelolaan waktu diskusi (3) Bagi peneliti selanjutnya apabila melakukan penelitian dengan menggunakan Problem Based Learning berbantuan Link Map dalam pembelajaran matematika hendaknya lebih memperhatikan materi kompetensi yang harus dicapai karakter dan kemampuan siswa. Karena Problem Based Learning berbantuan Link Map membutuhkan peran aktif siswa dalam pembelajaran.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Matematika (MAT) > S2 Pendidikan Matematika |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 01 Jun 2015 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2015 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/110556 |
Actions (login required)
View Item |