Purbasari, Debita Yuli (2015) Analisis kesalahan siswa SMA Kristen Charis Malang dalam menyelesaikan soal cerita perbandingan trigonometri beserta scaffoldingnya / Debita Yuli Purbasari. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
Purbasari D.Y. 2015. Analisis Kesalahan Siswa SMA Kristen Charis dalam Menyelesaikan Soal Cerita Perbandingan Trigonometri beserta Scaffoldingnya. Tesis Program Studi Pendidikan Matematika Pascasarjana Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Dr. Abdur Rahman As ari M.Pd. M.A. (II) Dr. rer.nat. I Made Sulandra M.Si Kata kunci analisis kesalahan soal cerita perbandingan trigonometri scaffolding. Penelitian ini dimaksudkan untuk menganalisis kesalahan siswa dalam menyelesaikan soal cerita perbandingan trigonometri beserta scaffoldingnya. Peneliti menggunakan Newman s Error Classification untuk mengklasifikasi kesalahan siswa. Sementara untuk keperluan scaffoldingnya peneliti mengikuti model scaffolding Anghilery level 2 yaitu reviewing dan restructuring. 22 siswa kelas XI IPA SMA Kristen Charis Malang diberikan 3 soal cerita perbandingan trigonometri satu soal cerita dengan informasi data yang cukup satu soal cerita dengan informasi data yang berlebih dan satu soal cerita dengan informasi data yang kurang. 3 orang siswadipilih pada masing-masing soal untuk pemberian scaffolding yaitu siswa yang melakukan kesalahan pada soal tersebut. Pemberian scaffolding dilakukan dengan mempertimbangkan tahap-tahap pemecahan masalah ala Polya yaitu memahami soal membuat rencana penyelesaian soal melaksanakan rencana penyelesaian soal dan melihat kembali. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kesalahan siswa yang muncul dalam menyelesaikan soal cerita perbandingan trigonometri adalah reading comprehension transformation process skills dan encoding error. Kesalahan siswa yang terjadi dalam menyelesaikan soal cerita dengan informasi data yang cukup dan soal cerita dengan informasi data yang kurang adalah reading comprehension transformation process skills dan encoding error. Sedangkan kesalahan siswa yang terjadi dalam menyelesaikan soal cerita dengan informasi data yang berlebih adalah reading dan transformation error. Pada tahap memahami soal peneliti memilih reviewing untuk membantu siswa mengatasi reading dan comprehension error. Pada tahap membuat rencana penyelesaian soal dan tahap melihat kembali peneliti memilih reviewing dan restructuring untuk membantu siswa mengatasi transformation process skills dan encoding error. Sedangkan pada tahap melaksanakan rencana penyelesaian soal peneliti memberikan kesempatan siswa untuk menuliskan terlebih dahulu prosedur dan hasil akhir selesaian soal berdasarkan rencana penyelesaian soal yang telah dipilih kemudian melakukan reviewing. Pemilihan 3 orang siswa pada masing-masing soal tidak memberikan pembeda yang signifikan pada klasifikasi kesalahan yang muncul maupun dalam proses penerapan scaffolding.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Matematika (MAT) > S2 Pendidikan Matematika |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 19 May 2015 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2015 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/110555 |
Actions (login required)
View Item |