Pengembangan perangkat ajar bercirikan realistic mathematics education pada materi matriks untuk kelas X SMK / Lutfia Marsalina - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengembangan perangkat ajar bercirikan realistic mathematics education pada materi matriks untuk kelas X SMK / Lutfia Marsalina

Marsalina, Lutfia (2015) Pengembangan perangkat ajar bercirikan realistic mathematics education pada materi matriks untuk kelas X SMK / Lutfia Marsalina. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Marsalina Lutfia. 2015. Pengembangan Perangkat Ajar Bercirikan Realistic Mathematics Education Pada Materi Matriks Untuk Kelas X SMK. Tesis. Jurusan Pendidikan Matematika Pascasarjana Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Prof. Dr. Ipung Yuwono M.S. M.Sc. (II) Dr. Swasono Rahardjo S.Pd. M.Si. Kata kunci pengembangan perangkat ajar Realistic Mathematics Education matriks. Penelitian pengembangan ini didasarkan pada kondisi nyata di SMKN 1 Boyolangu Tulungagung bahwa perangkat ajar materi matriks yang digunakan selama ini adalah Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) yang berasal dari luar sekolah. LKPD kebanyakan memuat ringkasan materi contoh soal dan latihan soal. Sehingga peserta didik hanya memperoleh ketrampilan prosedural dan belajar kurang bermakna. Oleh karena itu perlu dikembangkan perangkat ajar yang dapat membantu peserta didik untuk menemukan konsep dan belajar secara bermakna. Perangkat ajar yang dikembangkan adalah LKPD dan RPP yang berbasis Realistic Mathematics Education (RME) pada materi matriks untuk kelas X SMK. Tujuan penelitian ini adalah menghasilkan perangkat ajar berupa Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) dan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) bercirikan Realistic Mathematics Education (RME) pada materi matriks untuk kelas X SMK yang valid praktis dan efektif. Penentuan kriteria tersebut diperoleh melalui hasil validasi dan uji coba. Perangkat ajar ini dikembangkan dengan mengacu pada model pengembangan Four-D yang dikembangkan oleh Thiagarajan Semmel dan Semmel (1974). Model ini mempunyai empat tahap pengembangan yaitu Tahap Pendefinisian (Define) Tahap Perancangan (Design) Tahap Pengembangan (Develop) dan Tahap Penyebaran (Disseminate). Penelitian ini hanya sampai pada tahap pengembangan. Tahap penyebaran tidak dilakukan karena tahap ini memerlukan kajian yang lebih luas dan lebih mendalam. Berdasarkan hasil validasi tiga validator diperoleh hasil bahwa LKPD yang dikembangkan memenuhi kriteria valid yaitu terletak pada rentang dengan skor rata-rata seluruh aspek adalah 3 35 demikian juga skor penilaian RPP memenuhi kriteria valid yaitu 3 27 sehingga dapat diujicobakan dalam kelas uji coba. Dari hasil uji coba lapangan diperoleh hasil observasi keterlaksanaan perangkat ajar dan observasi aktivitas guru dalam pembelajaran seluruh pertemuan diperoleh skor 87 5%. Sedangkan dari hasil wawancara guru menyatakan bahwa produk hasil pengembangan dapat diterapkankan dan mudah digunakan dalam pembelajaran. Sehingga menurut kriteria perangkat ajar dikatakan praktis. Pada uji keefektifan diperoleh hasil observasi keterlaksanaan perangkat ajar dan observasi aktivitas peserta didik dalam pembelajaran seluruh pertemuan diperoleh skor 85 6%. Dari hasil wawancara peserta didik menyatakan bahwa produk hasil pengembangan dapat memberikan pengaruh yang positif dalam pembelajaran dan hasil ketuntasan belajar peserta didik setelah menggunakan perangkat ajar mencapai 88 24%. Sehingga menurut kriteria perangkat ajar dikatakan efektif. Berdasarkan hasil penelitian ini disarankan hal-hal sebagai berikut (1) penggunaan LKPD perlu ditunjang dengan buku referensi lain sebagai sumber belajar (2) dalam pembelajaran guru harus aktif sebagai fasilitator dengan mendampingi peserta didik saat mengerjakan LKPD (3) guru yang akan menggunakan perangkat ajar ini seharusnya memahami tentang RME (4) untuk pemanfaatan perangkat ajar secara luas perlu dilakukan penelitian lanjutan pada tahap penyebaran (diseminate) (5) masalah sehari-hari yang disajikan memerlukan pengembangan lebih lanjut agar lebih menantang bagi peserta didik untuk menyelesaikannya dan (6) bagi para pengembang yang akan mengembangkan perangkat ajar bercirikan RME untuk materi matriks atau materi lain sebaiknya berkolaborasi dengan ahli pembelajaran RME.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Matematika (MAT) > S2 Pendidikan Matematika
Depositing User: library UM
Date Deposited: 04 May 2015 04:29
Last Modified: 09 Sep 2015 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/110552

Actions (login required)

View Item View Item