Memahamkan konsep volume berbantuan benda manupulatif melalui pembelajaran penemuan terbimbing / Ahmad Mansur Darmawan - Repositori Universitas Negeri Malang

Memahamkan konsep volume berbantuan benda manupulatif melalui pembelajaran penemuan terbimbing / Ahmad Mansur Darmawan

Darmawan, Ahmad Mansur (2015) Memahamkan konsep volume berbantuan benda manupulatif melalui pembelajaran penemuan terbimbing / Ahmad Mansur Darmawan. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Darmawan Ahmad Mansur. 2015. Memahamkan Konsep Volume Berbantuan Benda Manipulatif Melalui Pembelajaran Penemuan Terbimbing. Tesis Program Studi Pendidikan Matematika Program Pasca Sarjana Universitas Negeri Malang Pembimbing (I) Prof. Drs. Gatot Muhsetyo M.Sc. dan (II) Dr. Sri Mulyati M.Pd. Kata Kunci Konsep Volume Benda Manipulatif Penemuan Terbimbing. Berdasarkan hasil tes awal yang dilakukan peneliti menunjukkan bahwa siswa mengalami kesulitan pada materi geometri terutama volume bangun ruang sisi lengkung. Hal ini disebabkan karena dalam pembelajaran siswa hanya mendengarkan menulis menghafal dan mengerjakan soal sesuai contoh. Faktor lain karena guru tidak melibatkan dunia nyata dalam pembelajaran. Bahan manipulatif sebagai salah satu media penghubung antara dunia ide dan dunia nyata. Perlu dilakukan pembelajaran yang melibatkan aktifitas siswa melalui pembelajaran penemuan terbimbing. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan keterlaksanaan langkah-langkah pembelajaran penemuan terbimbing berbantuan benda manipulatif. Langkah-langkah pembelajaran penemuan terbimbing terdiri dari enam tahapan yaitu (a) memberikan rangsangan (b) mengidentifikasi masalah (c) pengumpulan data (d) pengolahan data (e) verifikasi data dan (f) kesimpulan. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Penelitian ini terdiri dari dua siklus dan setiap siklus terdiri dari empat tindakan. Sumber data yang yang digunakan dalam penelitian ini adalah siswa kelas IX SMP Islam Bustanul Ulum. Data yang dikumpulkan antara lain berasal dari a) hasil pekerjaan siswa secara tertulis b) hasil wawancara c) hasil observasi dan d) hasil wawancara respon siswa. Temuan dalam penelitian ini terdapat siswa dalam menyelesaikan tes akhir kurang teliti dalam melakukan penghitungan terburu-buru dalam menyelesaikan soal sehingga rumus yang ditulis tidak lengkap. Oleh karena itu peneliti mengarahkan siswa agar dalam menyelesaikan soal untuk lebih teliti. Saran yang dapat dikemukakan peneliti antara lain a) bahan manipulatif yang digunakan dalam pembelajaran sebaiknya digunakan bahan dari mika agar lebih mudah dalam pembuatannya b) Untuk menghindari kemungkinan siswa menjadikan benda manipulatif sebagai bahan mainan bisa dilakukan dengan membuat aturan yang telah disepakati bersama (c) mengembangkan penelitian dengan metelusuri lebih dalam tentang kesulitan siswa dalam menuliskan kesimpulan secara benar.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Matematika (MAT) > S2 Pendidikan Matematika
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 04 May 2015 04:29
Last Modified: 09 Sep 2015 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/110551

Actions (login required)

View Item View Item