Defragmenting struktur berpikir siswa field dependence melalui pemetaan kognitif untuk memperbaiki kesalahan dalam memahami perbandingan trigonometri / Tantri Ika Yulandari - Repositori Universitas Negeri Malang

Defragmenting struktur berpikir siswa field dependence melalui pemetaan kognitif untuk memperbaiki kesalahan dalam memahami perbandingan trigonometri / Tantri Ika Yulandari

Yulandari, Tantri Ika (2015) Defragmenting struktur berpikir siswa field dependence melalui pemetaan kognitif untuk memperbaiki kesalahan dalam memahami perbandingan trigonometri / Tantri Ika Yulandari. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Yulandari I. T. Defragmenting Struktur Berpikir Siswa Field Dependence Melalui Pemetaan Kognitif untuk Memperbaiki Kesalahan dalam Memahami Perbandingan Trigonometri. Tesis. Program Studi Pendidikan Matematika Pascasarjana Universitas Negeri Malang. Pembimbing (1) Prof. Dr. Toto Nusantara M.Si. (2) Dr. Hery Susanto M.Si. Kata kunci Struktur Berpikir Kesalahan SiswaField Dependence(FD) Defragmenting Pemetaan Kognitif PerbandinganTrigonometri Penelitian ini bertujuan untuk mendapatkan deskripsihambatan berpikir yang diwujudkan dalam bentuk kesalahan siswa dan defragmenting struktur berpikir melalui pemetaan kognitif dalam menyelesaikan masalah perbandingan trigonometri pada segitiga siku-siku. Berdasarkan pada hasil observasi peneliti menemukan kesalahan yang dialami oleh siswa antara lain masalah konseptual dan prosedural. Sebagai salah satu variabel pembelajaran gaya kognitif mencerminkan karakteristik siswa. Peneliti akan melakukan defragmenting kepada siswa dengan gaya kognitif strongly FD yang melakukan kesalahan dalam mengerjakan masalah tentang perbandingan trigonometri pada segitiga siku-siku. Oleh karena itu dalam penelitian ini dikaji defragmentingstruktur berpikir siswa FD melalui pemetaan kognitif untuk memperbaiki kesalahan dalam memahami perbandingan trigonometri. Peneliti memberikan tes penggolongan gaya kognitif kepada 33 siswa kelas XI IA 2 SMAN 7 Malang. Dari hasil tes tersebut 9 siswa dengan kategori strongly FD. Siswa dengan gaya kognitif strongly FD diminta untuk mengerjakan soal tentang perbandingan trigonometri pada segitiga siku-siku bertujuan untuk mengetahui kesalahan yang dilakukan siswa ketika mengerjakan soal tersebut dan langkah-langkah defragmenting yang dilakukan. Dari 9 siswa tersebut ternyata 4 siswa benar dalam menyelesaikannya dan 5 siswa masih salah dalam menyelesaikannya peneliti mengambil 4 siswa sebagai subjek penelitian dengan pertimbangan skor kognitif yang sama. Dari hasil temuan ini peneliti melakukan defragmenting kepada siswa strongly FD. Peneliti menganalisis hasil pekerjaan dan meminta siswa strongly FD untuk merefleksi hasil pekerjaannya sehingga mengetahui cara berpikirnya dalam menyelesaikan masalah perbandingan trigonometri pada segitiga siku-siku. Setelah itu peneliti melakukan scaffolding kepada siswa strongly FD hasil scaffolding menjadikan siswa strongly FD bisa menyelesaikan masalah perbandingan trigonometri pada segitiga siku-siku dengan benar sesuai dengan struktur masalah. Defragmenting selain dapat memperbaiki kesalahan siswastrongly FD juga dapat merestrukturisasi berpikir siswa strongly FD menjadi struktur berpikir yang benar. Dalam menyelesaikan masalah struktur berpikir siswa strongly FD dikaji berdasarkan empat langkah Polya. Setelah itu siswa dengan gaya kognitif strongly FD diberi soal yang sejenis untuk mengetahui efektifitas defragmenting. Dari hasil penelitian ditemukan hambatan berpikir siswadalam menyelesaikan masalah antara lain 1) hambatan dalam membuat sketsa awal segitiga siku-siku 2) hambatan mengingat konsep Perbandingan Trigonometri dan 3) kesalahan konsep Teorema Pythagoras. Kesimpulan dari penelitian ini antara lain 1) struktur berpikir siswa sebelum dan sesudah proses defragmenting mengalami perubahan yakni yang awalnya kurang lengkap dan tidak sesuai dengan struktur masalah setelah didefrag struktur berpikirnya sudah sesuai dengan struktur masalah dan 2) Efektifitas defragmenting yang dilakukan peneliti terbukti dapat menata dan memperbaiki struktur berpikir siswa yang awalnya salah menjadi struktur berpikir yang benar.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Matematika (MAT) > S2 Pendidikan Matematika
Depositing User: library UM
Date Deposited: 04 May 2015 04:29
Last Modified: 09 Sep 2015 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/110550

Actions (login required)

View Item View Item