Mufidah, Luluk (2015) Penggunaan bungkus minuman dalam pembelajaran investigasi untuk meningkatkan hasil belajar aljabar siswa kelas X MA Alhayatul Islamiyah Kedungkandang Malang / Luluk Mufidah. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
Mufidah Luluk. 2013. Penggunaan Bungkus Minuman Dalam Pembelajaran Investigasi Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Aljabar Siswa Kelas X MA Alhayatul Islamiyah Kedungkandang Malang. Tesis. Jurusan Pendidikan Matematika Program Pascasarjana Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Prof. Gatot Muhsetyo M. Sc. (II) Dr. Swasono Rahardjo M. Si Kata Kunci Bungkus Minuman Pembelajaran Investigasi Hasil Belajar Masalah utama yang mendasari penelitian ini adalah bagaimana cara meningkatkan hasil belajar Aljabar dengan menggunakan bungkus minuman sebagai media pembelajaran dengan metode pembelajaran investigasi. Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui pelaksanaan penggunaan bungkus minuman dalam pembelajaran investigasi untuk meningkatkan hasil belajar Aljabar siswa kelas X MA Alhayatul Islamiyah Kedungkandang Malang. Pembelajaran investigasi yang diterapkan dalam penelitian ini menggunakan teknik 7 M yaitu mengamati (M1) menanyakan (M2) mengeksplorasi (M3) mengasosiasi (M4) menduga (M5) menyimpulkan (M6) dan mengkonfirmasi (M7) dengan media pembelajaran berupa bungkus minuman yang berkapasitas satuan gram satuam mililiter dan satuan sashet. Penelitian ini dilakukan terhadap 30 siswa kelas X. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah Penelitian tindakan kelas (PTK) dengan model Kemmis Tanggart. Penggunaan bungkus minuman dalam pembelajaran investigasi pada penelitian ini berhasil meningkatkan hasil belajar Aljabar siswa kelas X MA Alhyatul Islamiyah Kedungkandang Malang yaitu siswa bisa menyebutkan konsep PLDV dan SPLDV dengan tepat dan benar siswa bisa menentukan selesaian SPLDV dengan menggunakan metode grafik eliminasi substitusi dan distribusi dengan tepat dan benar serta siswa bisa membuat pemodelan matematika dari masalah sehari-hari dalam bentuk PLDV dan SPLDV dengan tepat dan benar sehingga terjadi peningkatan nilai rata-rata kelas dan ketuntasan belajar siswa. Nilai rata-rata kelas meningkat dari 56 4 pada tes awal menjadi 83 1 (peningkatan sebanyak 26 7%) dan ketuntasan belajar meningkat dari 2 siswa pada tes awal menjadi 30 siswa yang memenuhi kategori tuntas pada tes ahir (peningkatan ketuntasan belajar sebanyak 93 3 %).
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Matematika (MAT) > S2 Pendidikan Matematika |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 29 Apr 2015 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2015 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/110549 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |