Hapsari, Endah Dwi (2015) Penerapan pembelajaran hypothetical inquiry untuk meningkatkan hasil belajar siswa materi bangun ruang sisi lengkung / Endah Dwi Hapsari. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
Hapsari E.D. 2015. Penerapan Pembelajaran Hypothetical Inquiry untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Materi Bangun Ruang Sisi Lengkung. Tesis Program Studi Pendidikan Matematika Pascasarjana Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Dr. Subanji M.Si (II) Dr. Swasono Rahardjo M.Si. Kata kunci Hypothetical Inquiry Hasil Belajar Bangun Ruang Sisi Lengkung. 12288 12288 12288 12288 Perhatian utama yang mendasari penelitian ini adalah permasalahan yang muncul di kelas yaitu rendahnya hasil belajar siswa pada materi bangun ruang sisi lengkung dan kecenderungan siswa pasif selama proses pembelajaran di kelas berlangsung. Salah satu pembelajaran yang bisa mengatasi masalah tersebut adalah pembelajaran Hypothetical Inquiry. 12288 12288 12288 12288 Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan pembelajaran Hypothetical Inquiry yang dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada materi bangun ruang sisi lengkung. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan subjek data siswa kelas IX C SMP Negeri 2 Curup Timur Rejang lebong Bengkulu. Rancangan penelitian tindakan ini mengacu pada model yang dikembangkan oleh Kemmis dan Mc Taggart yaitu terdiri dari 4 (empat) tahapan dasar yang saling terkait dan berkesinambungan (1) perencanaan (planning) (2) pelaksanaan (action) (3) pengamatan (observation) (4) refleksi (reflection). 12288 12288 12288 12288 Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa penerapan pembelajaran Hypothetical Inquiry yang dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada materi bangun ruang sisi lengkung melalui langkah-langkah pembelajaran berikut (1) Observasi untuk menemukan masalah yaitu guru mengajak siswa mengenal fenomena terkait luas permukaan dan volume tabung kerucut dan bola (2) merumuskan hipotesis guru dengan menggunakan pancingan pertanyaan seperlunya membantu siswa membuat konjektur tentang tabung kerucut dan bola (3) merancang dan melaksanakan pemecahan masalah yaitu kegiatan bereksperimen melalui LKS guru mengenalkan pembelajaran menggunakan model tabung model kerucut dan bola (4) pengumpulan data guru meminta siswa bekerja untuk mengumpulkan dan mencatat semua hasil temuannya (5) analisis data masih menggunakan LKS guru mengarahkan siswa untuk mengolah dan menggabungkan semua data temuannya sehingga diperoleh rumus luas permukaan dan volume tabung kerucut dan bola (6) penarikan kesimpulan dan penemuan guru memberikan penegasan terhadap kesimpulan yang diambil siswa yaitu menemukan rumus luas permukaan dan volume tabung kerucut dan bola. Peningkatan hasil belajar siswa terlihat dari perolehan skor hasil tes yaitu dari 72 2 % manjadi 83 3 % berdasarkan banyaknya siswa yang mencapai nilai sekurang-kurangnya 75.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Matematika (MAT) > S2 Pendidikan Matematika |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 22 Apr 2015 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2015 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/110548 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |