Subhan, Moh. (2015) Peningkatan pemahaman konseptual dan pengetahuan prosedural pada materi aritmatika sosial dengan metode penemuan terbimbing di kelas VII SMP Al Kautsar Srono / Moh. Subhan. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
Subhan Moh. 2015. Peningkatan Pemahaman Konseptual Dan Pengetahuan Prosedural Pada Materi Aritmatika Sosial Dengan Metode Penemuan Terbimbing Di Kelas VII SMP Al Kautsar Srono. Tesis Program Studi Pendidikan Matematika Pascasarjana Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Dr. Sri Mulyati M.Pd. (II) Drs. Tjang Daniel Chandra M.Si Ph.D Kata kunci Pemahaman matematika pemahaman konseptual pengetahuan prosedural penemuan terbimbing aritmatika sosial 12288 12288 12288 12288 Pemahaman materi merupakan tujuan dalam suatu proses pembelajaran termasuk pembelajaran pada materi Aritmatika Sosial. Pemahaman konseptual dan pengetahuan prosedural mempunyai hubungan yang sangat penting untuk itu kedua macam pengetahuan tersebut perlu dikuasai oleh peserta didik. 12288 12288 12288 12288 Penelitian yang dilaksanakan ini adalah Penelitian Tindakan Kelas dengan dua siklus. Data penelitian yang digunakan adalah hasil tes peserta didik hasil observasi tindakan peserta didik maupun tindakan guru hasil angket peserta didik serta hasil wawancara dengan peserta didik. Trianggulasi sumber data dan teknik digunakan untuk mengecek keabsahan data. 12288 12288 12288 12288 Dari hasil penelitian didapatkan adanya peningkatan pemahaman konseptual dan pengetahuan prosedural di kelas VII SMP Al Kautsar Srono terdiri dari tiga tahap kegiatan yaitu kegiatan (1) pendahuluan (stimulation) (2) kegiatan inti ( problem statement data collection data processing verification dan generalization) dan (3) penutup. Dengan memperhatikan beberapa aspek antara lain (1) Motivasi diberikan berkaitan dengan materi pembelajaran dan dengan durasi waktu tidak terlalu panjang (2) Tujuan pembelajaran disampaikan diawal pembelajaran secara jelas (3) Guru konsisten dengan waktu yang ada dalam RPP (4) Guru perlu memberi penjelasan dengan baik dalam setiap langkah penemuan (5) Guru memberi perhatian secara menyeluruh baik secara individu maupun kelompok (6) Komposisi kelompok disusun secara merata dari kemampuan rendah sedang dan tinggi dan tidak berubah selama proses pembelajaran dengan metode penemuan. 12288 12288 12288 12288 Saran pada saat pembelajaran guru memberikan perhatian pada kelompok atau masing-masing peserta didik secara menyeluruh supaya tidak ada peserta didik yang merasa tidak diperhatikan. Evaluasi yang dilaksanakan pada akhir pembelajaran sangat diperlukan dan hasil evaluasi segera disampaikan pada peserta didik
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Matematika (MAT) > S2 Pendidikan Matematika |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 09 Apr 2015 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2015 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/110547 |
Actions (login required)
View Item |