Level pemahaman siswa dalam menyelesaikan masalah terbuka berdasarkan taksonomi solo / Ageng Jelly Purwanto - Repositori Universitas Negeri Malang

Level pemahaman siswa dalam menyelesaikan masalah terbuka berdasarkan taksonomi solo / Ageng Jelly Purwanto

Purwanto, Ageng Jelly (2015) Level pemahaman siswa dalam menyelesaikan masalah terbuka berdasarkan taksonomi solo / Ageng Jelly Purwanto. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Purwanto A.J. 2014. Level Pemahaman Siswa dalam Menyelesaikan Masalah Terbuka Berdasarkan Taksonomi SOLO. Tesis Program Studi Pendidikan Matematika Pascasarjana Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Dr. Cholis Sa dijah M.Pd. M.A (II) Dr. rer. nat. I Made Sulandra M.Si. Kata-kata Kunci Diagnosis Level Pemahaman Masalah Terbuka Taksonomi SOLO. Taksonomi SOLO terdiri dari lima level yaitu prestruktural unistruktural multistruktural relasional dan extended abstrak. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan level pemahaman siswa dalam menyelesaikan masalah terbuka berdasarkan taksonomi SOLO. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif. Penelitian ini dilaksanakan di SMK Negeri 1 Pujer Kabupaten Bondowoso dengan enam siswa kelas XII Program Keahlian Teknik Kendaraan Ringan sebagai subjek penelitian. Keenam subjek penelitian tersebut terdiri dari dua siswa berkemampuan tinggi dua siswa berkemampuan sedang dan dua siswa berkemampuan rendah. Untuk mencapai tujuan penelitian subjek penelitian menjalani tes berupa dua masalah terbuka dan wawancara. Berdasarkan hasil tes dan wawancara disimpulkan bahwa level pemahaman siswa dalam menyelesaikan masalah terbuka berdasarkan taksonomi SOLO sebagai berikut (1) pada kategori tinggi subjek S1 dan S2 masalah 1 mampu mencapai level relasional yaitu mampu menggabungkan antara luas permukaan bangun dua dimensi dan luas permukaan bangun tiga dimensi namun pada masalah 2 hanya subjek S1 yang mencapai level ekstended abstrak yaitu mampu mengintegrasikan pengetahuan selama prakerin dan pembelajaran materi yang berbeda-beda antara laba/rugi jasa penggantian oli (TAP oli) dan penghitungan keuntungan (dari modal yang diberikan) sedangkan S2 mencapai level relasional yaitu mampu menggabungkan antara laba penjualan dan biaya TAP oli (2) pada kategori sedang pada masalah 1 dan 2 hanya subjek S3 yang mampu mencapai level relasional yaitu mampu menggabungkan antara luas permukaan bangun dua dimensi dan luas permukaan bangun tiga dimensi serta antara Laba penjualan dan biaya TAP oli sedangkan S4 hanya mampu mencapai level multistruktural yaitu sudah menggunakan dua bagian informasi atau lebih dari soal yang diberikan untuk menyelesaikan soal tetapi tidak dapat menghubungkannya secara bersama-sama (3) pada kategori rendah pada masalah 1 dan 2 hanya subjek S5 yang mampu mencapai level relasional yaitu mampu menggabungkan antara luas permukaan bangun dua dimensi dan luas permukaan bangun tiga dimensi serta antara Laba penjualan dan biaya TAP oli sedangkan S6 pada masalah 1 hanya mampu mencapai level multistruktural yaitu sudah menggunakan dua bagian informasi atau lebih dari soal yang diberikan untuk menyelesaikan soal tetapi tidak dapat menghubungkannya secara bersama-sama dan pada masalah 2 mencapai level unistruktural yaitu hanya menggunakan sebagian informasi dari soal.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Matematika (MAT) > S2 Pendidikan Matematika
Depositing User: library UM
Date Deposited: 01 Apr 2015 04:29
Last Modified: 09 Sep 2015 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/110546

Actions (login required)

View Item View Item