Penerapan strategi pembelajaran Think Talk Write (TTW) untuk memahamkan siswa dalam pemecahan masalah materi tabung, kerucut dan bola / Nur Hasanuri - Repositori Universitas Negeri Malang

Penerapan strategi pembelajaran Think Talk Write (TTW) untuk memahamkan siswa dalam pemecahan masalah materi tabung, kerucut dan bola / Nur Hasanuri

Hasanuri, Nur (2015) Penerapan strategi pembelajaran Think Talk Write (TTW) untuk memahamkan siswa dalam pemecahan masalah materi tabung, kerucut dan bola / Nur Hasanuri. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Hasanuri Nur. 2015. Penerapan Strategi Pembelajaran Think Talk Write (TTW) Untuk Memahamkan Siswa Dalam Pemecahan Masalah Materi Tabung Kerucut dan Bola.Tesis Program Studi Pendidikan Matematika Pascasarjana Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Dr. Edy Bambang Irawan M.Pd. (II) Dr. Sri Mulyati M.Pd. Kata kunci Think Talk Write (TTW) Pemecahan Masalah Tabung Kerucut dan Bola. Tujuan penelitian adalah menghasilkan deskripsi pembelajaran think talk write (TTW) yang dapat memahamkan siswa pada pemecahan masalah materi tabung kerucut dan bola. Pada pelaksanaannya peneliti berperan sebagai perencana pelaksana pengumpul data analisis penafsir data dan sebagai pelapor hasil penelitian. Kriteria keberhasilan yang ditetapkan peneliti telah tercapai pada siklus 2 yaitu (1) skor hasil pengamatan aktivitas guru mencapai kriteria sangat baik (2) skor hasil pengamatan aktivitas siswa mencapai kriteria baik (3) skor hasil tes mencapai 88 9% dari jumlah siswa mencapai nilai 71 atau lebih (4) hasil wawancara menunjukkan bahwa dua dari tiga siswa yang diwawancarai sudah memahami pemecahan masalah materi tabung kerucut dan bola. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa penerapan strategi pembelajaran think talk write (TTW) dapat memahamkan siswa dalam pemecahan masalah materi tabung kerucut dan bola. Langkah-langkah penerapan strategi pembelajaran think talk write (TTW) yang dilaksanakan adalah sebagai berikut (1) pada tahap think siswa mengerjakan masalah luas dan volume tabung kerucut dan bola secara mandiri. Pada tahap ini siswa berusaha memecahkan masalah dengan menggunakan model Polya yaitu dengan memahami masalah membuat rencana penyelesaian melaksanakan rencana dan mengecek kembali hasil atau penyelesaian yang diperoleh (2) Pada tahap talk siswa mendiskusikan hasil yang telah diperoleh pada tahap think dengan cara saling menukarkan hasil pekerjaannya untuk dipahami dan jika ada perbedaan atau kurang jelas salah satu dari anggota kelompok yang mengusai masalah menjelaskan ke anggotanya (3) Pada tahap write masing-masing siswa menuliskan hasil diskusi dari kelompoknya yang sudah benar dan siap untuk mempresentasikan dihadapan teman-temannya.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Matematika (MAT) > S2 Pendidikan Matematika
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 01 Apr 2015 04:29
Last Modified: 09 Sep 2015 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/110542

Actions (login required)

View Item View Item