Penerapan reciprocal teaching untuk meningkatkan penalaran matematis siswa pada materi relasi dan fungsi kelas X MIPAS SMA Laboratorium UM / Heru Ardiansyah - Repositori Universitas Negeri Malang

Penerapan reciprocal teaching untuk meningkatkan penalaran matematis siswa pada materi relasi dan fungsi kelas X MIPAS SMA Laboratorium UM / Heru Ardiansyah

Ardiansyah, Heru (2015) Penerapan reciprocal teaching untuk meningkatkan penalaran matematis siswa pada materi relasi dan fungsi kelas X MIPAS SMA Laboratorium UM / Heru Ardiansyah. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Ardiansyah Heru. 2014. Penerapan Reciprocal Teaching Untuk Meningkatkan Penalaran Matematis Siswa Pada Materi Relasi dan Fungsi Kelas X SMA Laboratorium UM. Tesis. Jurusan Pendidikan Matematika Program Pascasarjana Universitas Negeri Malang Pembimbing (I) Dr. I Nengah Parta S.Pd M.Si (II) Dr. Swasono Rahardjo S.Pd M.Si. Kata Kunci Reciprocal Teaching Penalaran Matematis Relasi dan Fungsi. Penalaran matematis merupakan salah satu aspek penting dalam pembelajaran matematika. Penalaran matematis dapat melatih siswa untuk dapat lebih memahami materi matematika yang diajarkan. Namun berdasarkan hasil observasi dan tes awal pada kelas X IPA SMA Laboratorium UM menunjukkan kemampuan penalaran matematis siswa yang belum sesuai dengan yang diharapkan. Oleh karena itu perlu dilakukan inovasi pembelajaran yang sudah dilakukan. Reciprocal Teaching dianggap dapat mengatasi permasalahan yang muncul terkait rendahnya kemampuan penalaran matematis. Adapun tujuan dari penelitian adalah untuk memperoleh deskripsi peningkatan kemampuan penalaran matematis melalui penerapan reciprocal teaching dalam pembelajaran matematika pada siswa kelas X MIPA SMA Laboratorium UM tahun pelajaran 2014/2015 pada materi relasi dan fungsi. Penerapan Reciprocal Teaching pada penelitian ini terdiri dari empat tahapan antara lain (1) Summarizing (2) Questioning (3) Predicting dan (4) Clarifying. Melalui penerapan pendekatan kualitatif dengan rancangan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) penelitian ini melibatkan 65 siswa kelas X SMA Laboratorium UM kota Malang. Tahapan yang dilakukan pada penelitian ini terdiri dari perencanaan pelaksanaan tindakan dan observasi dan refleksi. Instrumen yang digunakan untuk mendapatkan data berasal dari hasil pengerjaan LKS hasil tes akhir hasil observasi aktivitas siswa dan hasil observasi aktivitas guru. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pembelajaran matematika dengan reciprocal teaching dapat meningkatkan penalaran matematis siswa. Hal ini ditunjukkan oleh hasil pengerjaan LKS siswa pada pembelajaran berada pada kategori tinggi. Pada hasil tes akhir pada siklus I secara klasikal sebesar 61 7% sedangkan pada hasil tes akhir siklus II secara klasikal sebesar 84%. Hal ini berarti bahwa penelitian yang dilaksanakan dikatakan berhasil sesuai dengan kriteria keberhasilan yang ditetapkan.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Matematika (MAT) > S2 Pendidikan Matematika
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 01 Apr 2015 04:29
Last Modified: 09 Sep 2015 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/110541

Actions (login required)

View Item View Item