Pembelajaran penemuan terbimbing dengan pendekatan saintifik untuk meningkatkan hasil belajar limit fungsi pada siswa kelas X-MIA, SMA Negeri 1 Ngrayun, Ponorogo / Sugiyono - Repositori Universitas Negeri Malang

Pembelajaran penemuan terbimbing dengan pendekatan saintifik untuk meningkatkan hasil belajar limit fungsi pada siswa kelas X-MIA, SMA Negeri 1 Ngrayun, Ponorogo / Sugiyono

Sugiyono (2015) Pembelajaran penemuan terbimbing dengan pendekatan saintifik untuk meningkatkan hasil belajar limit fungsi pada siswa kelas X-MIA, SMA Negeri 1 Ngrayun, Ponorogo / Sugiyono. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Sugiyono. 2015. Pembelajaran Penemuan Terbimbing Dengan Pendekatan Saintifik Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Limit Fungsi Pada Siswa Kelas X-MIA SMA Negeri 1 Ngrayun Ponorogo. Tesis. Program Studi Pendidikan Matematika Pasca Sarjana. Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Prof. Akbar Sutawidjaja M.Ed. Ph.D. (II) Dr. Abdur Rahman As ari M.Pd. M.A. Kata Kunci Penemuan Terbimbing Pendekatan Saintifik Limit Fungsi Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan penerapan pembelajaran penemuan terbimbing dalam konteks pendekatan saintifik untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada materi limit fungsi. Penelitian ini menerapkan penelitian tindakan kelas dengan data utama berupa data tentang tindakan guru. Setelah menggunakan triangulasi teknik dan triangulasi sumber data untuk memeriksa validitas data analisis data dilakukan dengan cara mereduksi data menyajikan data dan menarik kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pembelajaran penemuan terbimbing dengan pendekatan saintifik yang dapat meningkatkan hasil belajar limit fungsi pada siswa kelas X-MIA SMA Negeri 1 Ngrayun memiliki karakteristik sebagai berikut (1) Guru memberikan satu atau dua permasalahan dalam waktu 90 menit (2) Guru memberikan permasalahan yang sama untuk ditemukan setiap kelompok (3) Guru memberikan instruksi secara eksplisit dan klasikal (4) Guru membimbing siswa untuk merumuskan pertanyaan (5) Guru memotivasi siswa untuk mempresentasikan temuannya didepan kelas dan (6) Guru melaksanakan tes di setiap akhir pertemuan. Berdasarkan penelitian ini peneliti memberikan beberapa saran (1) Agar siswa dapat melakukan penemuan dengan tepat guru harus menyediakan waktu yang cukup kepada siswa (2) Agar pembelajaran menjadi bermakna bagi siswa mereka harus menemukan sendiri pengetahuannya (3) Untuk membantu siswa melakukan aktifitas penemuan fokus pada tugasnya dan mengatur penggunaan waktu maka guru harus memberikan instruksi secara eksplisit dan klasikal (4) Untuk memudahkan siswa melakukan aktifitas menanya guru harus menyediakan bahan pengamatan yang menarik yang sesuai dengan pengetahuan awal siswa (5) Untuk mempresentasikan grafik fungsi guru atau siswa dapat menggunakan perangkat lunak dan menampilkannya dengan LCD (6) Untuk meningkatkan perhatian siswa terhadap kegiatan pembelajaran guru sebaiknya melaksanakan tes harian pada akhir kegiatan pembelajaran.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Matematika (MAT) > S2 Pendidikan Matematika
Depositing User: library UM
Date Deposited: 01 Apr 2015 04:29
Last Modified: 09 Sep 2015 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/110540

Actions (login required)

View Item View Item