Pembelajaran kooperatif dengan menggunakan kotak berwarna untuk meningkatkan pemahaman siswa tentang permutasi dan kombinasi / Muhammad Ali - Repositori Universitas Negeri Malang

Pembelajaran kooperatif dengan menggunakan kotak berwarna untuk meningkatkan pemahaman siswa tentang permutasi dan kombinasi / Muhammad Ali

Ali, Muhammad (2015) Pembelajaran kooperatif dengan menggunakan kotak berwarna untuk meningkatkan pemahaman siswa tentang permutasi dan kombinasi / Muhammad Ali. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Ali Muhammad. 2014. Pembelajaran Kooperatif Dengan Menggunakan Kotak Berwarna Untuk Meningkatkan Pemahaman Siswa Tentang Permutasi dan Kombinasi. Tesis Program Studi Pendidikan Matematika Pascasarjana Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Prof. Drs. Gatot Muhsetyo M.Sc. (II) Dr. rer. nat. I Made Sulandra M.Si Kata Kunci pembelajaran kooperatif pemahaman konsep kotak berwarna permutasi kombinasi 12288 12288 12288 Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan penerapan pembelajaran kooperatif dengan menggunakan bahan manipulatif kotak berwarna yang dapat memahamkan siswa kelas XI MIA 2 SMAN 2 Pasuruan tentang permutasi dan kombinasi dan untuk mendeskripsikan respon siswa tentang pembelajaran kooperatif tersebut. Pemahaman konsep merupakan salah satu aspek dasar yang harus dicapai dalam pembelajaran matematika karena konsep merupakan objek dalam matematika. Kenyataan di lapangan menunjukkan bahwa pemahaman siswa tentang konsep permutasi dan kombinasi masih sangat rendah. Hal ini dapat dilihat bahwa siswa yang mencapai KKM sekitar 60% dan banyak sekali siswa yang melakukan kesalahan baik kesalahan konseptual kesalahan prosedural dan kesalahan kalkulasi. Untuk itu diperlukan suatu usaha untuk menyelesaikan permasalahan tersebut. 12288 12288 12288 Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas. Peneliti berperan sebagai pemberi tindakan instrumen kunci pelapor hasil penelitian dan pewawancara terhadap subjek penelitian. Subjek penelitian adalah siswa kelas XI MIA 2 yang berjumlah 38 siswa. Data penelitian ini berupa hasil kajian dari jawaban tes siswa dan hasil wawancara. Pengumpulan data dilakukan peneliti dengan menggunakan lembar observasi kegiatan siswa lembar observasi kegiatan guru pedoman penskoran soal tes dan pedoman wawancara. 12288 12288 12288 Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan kotak berwarna dalam pembelajaran kooperatif yang dapat meningkatkan pemahaman siswa tentang permutasi dan kombinasi terdiri dari 2 tahapan yaitu (1) menyusun kotak berwarna dengan urutan dari kiri ke kanan menyusun kotak berwarna secara melingkar dan menyusun kotak berwarna tanpa memperhatikan urutan dan (2) menghitung banyaknya susunan kotak berwarna. Kriteria keberhasilan yang ditetapkan peneliti telah tercapai pada siklus II yaitu persentase siswa yang tidak melakukan kesalahan konsep prosedur dan kalkulasi mencapai 90% dan persentase siswa yang mencapai Kriteria Ketuntasan Minimum (KKM) mencapai 95%. Berdasarkan hasil wawancara terhadap siswa diperoleh suatu kesimpulan bahwa siswa sangat menyukai pembelajaran kooperatif dengan menggunakan kotak berwarna.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Matematika (MAT) > S2 Pendidikan Matematika
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 25 Feb 2015 04:29
Last Modified: 09 Sep 2015 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/110538

Actions (login required)

View Item View Item