Pengembangan Lembar Kegiatan Siswa (LKS) bercirikan kontektual pada materi program linear di SMK Ngunut Tulungagung / Ninik Purwaning Tyas - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengembangan Lembar Kegiatan Siswa (LKS) bercirikan kontektual pada materi program linear di SMK Ngunut Tulungagung / Ninik Purwaning Tyas

Tyas, Ninik Purwaning (2015) Pengembangan Lembar Kegiatan Siswa (LKS) bercirikan kontektual pada materi program linear di SMK Ngunut Tulungagung / Ninik Purwaning Tyas. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Tyas Ninik Purwaning. 2015. Pengembangan Lembar Kegiatan Siswa (LKS) Bercirikan Kontekstual Pada Materi Program Linear Di SMK Ngunut Tulungagung. Tesis. Jurusan Pendidikan Matematika Pascasarjana Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Prof. Akbar Sutawidjaja Ph.D. (II) Dra. Santi Irawati M.Si Ph.D. Kata kunci Pengembangan Lembar Kegiatan Siswa (LKS) Kontekstual Program Linear. 12288 12288 12288 12288 Dalam rangka pemanfaatan ilmu pengetahuan dan teknologi dalam pembangunan peranan matematika adalah sangat penting. Menurut Buchori (2001) suatu masyarakat hanya akan berhasil mengembangkan kemampuan teknologi yang cukup tinggi kalau dalam masyarakat tadi terdapat lapisan-lapisan penduduk dengan tingkat pemahaman tentang matematika dan ilmu pengetahuan alam yang beragam. Matematika memiliki peranan penting dalam pemecahan masalah kehidupan sehari-hari. Salah satu materi dalam matematika SMK yang memuat permasalahan sehari-hari adalah Program Linear. Berdasarkan pengalaman pribadi peneliti observasi dan hasil wawancara dengan guru dan siswa di SMK Ngunut Tulungagung diperoleh fakta bahwa siswa merasa enggan dan kesulitan dalam mempelajari materi program linear. Pembelajaran masih berpusat pada guru di mana guru menerangkan memberi contoh soal dan siswa mengerjakan soal seperti yang telah dicontohkan oleh guru. Bahan ajar yang digunakan juga sangat terbatas di mana persoalan-persoalan yang disajikan belum dekat dengan kehidupan siswa. 12288 12288 12288 12288 Mencermati berbagai permasalahan tersebut peneliti mencoba untuk mengembangkan suatu bahan ajar yang berupa Lembar Kegiatan Siswa (LKS) di mana di dalamnya menyajikan permasalahan-permasalahan yang dekat dengan kehidupan siswa dan menyajikan aktivitas-aktivitas yang menuntut siswa untuk lebih aktif dalam pembelajaran sehingga pada akhir pembelajaran nanti siswa merasa belajar lebih bermakna karena merasakan manfaat mempelajari suatu materi pelajaran bagi kehidupannya. 12288 12288 12288 12288 Tujuan dari penelitian ini adalah menghasilkan produk Lembar Kegiatan Siswa (LKS) bercirikan kontekstual pada materi program linear di SMK Ngunut Tulungagung. Model pengembangan yang digunakan mengacu pada Model Pengembangan Four-D yang dikembangkan oleh Thiagarajan Semmel dan Semmel (1974). Model pengembangan ini meliputi 4 tahap yaitu Tahap Pendefinisian (Define) Tahap Perancangan (Design) Tahap Pengembangan (Develop) dan Tahap Penyebaran (Disseminate). Penelitian ini hanya sampai pada tahap pengembangan. LKS yang dikembangkan memuat 7 komponen pembelajaran dengan pendekatan kontekstual menurut Nurhadi (2004) yaitu konstruktivisme menemukan bertanya masyarakat belajar pemodelan refleksi dan penilaian yang sebenarnya. 12288 12288 12288 12288 12288 Berdasarkan proses validasi diperoleh hasil bahwa LKS yang dikembangkan memenuhi kriteria valid dengan skor rata-rata () yang diperoleh adalah 3 6 demikian juga skor penilaian RPP memenuhi kriteria valid yaitu 3 8 sehingga dapat diujicobakan dalam kelas uji coba. Hasil uji coba lapangan menunjukkan bahwa LKS yang dikembangkan telah praktis dengan instrumen lembar observasi aktivitas guru selama 5 kali pertemuan menunjukkan skor adalah 3 7. LKS juga memenuhi kriteria efektif ditunjukkan oleh 88 57% siswa telah tuntas belajar tingkat keaktivan siswa tinggi yaitu memperoleh skor () 3 7 dan hasil angket respon siswa memperoleh skor () 3 5 yang berarti siswa memberi respon positif. Kesimpulan yang diperoleh adalah LKS memenuhi kriteria valid praktis dan efektif. 12288 12288 12288 12288 Saran yang diajukan antara lain (1) LKS yang dikembangkan dapat dijadikan satu alternatif bahan ajar pada kelas XI SMK (2) Bagi guru yang menggunakan LKS ini dalam pembelajaran hendaknya menggunakan strategi pembelajaran yang sesuai dengan karakteristik siswa (3) untuk lebih menguatkan hasil penelitian ini disarankan pada peneliti lain untuk mengembangkan LKS pada materi-materi matematika yang lain.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Matematika (MAT) > S2 Pendidikan Matematika
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 23 Feb 2015 04:29
Last Modified: 09 Sep 2015 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/110537

Actions (login required)

View Item View Item