Penggunaan Gesture siswa dalam memecahkan masalah matematika secara kelompok / Nur Laili Achadiyah - Repositori Universitas Negeri Malang

Penggunaan Gesture siswa dalam memecahkan masalah matematika secara kelompok / Nur Laili Achadiyah

Achadiyah, Nur Laili (2015) Penggunaan Gesture siswa dalam memecahkan masalah matematika secara kelompok / Nur Laili Achadiyah. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Achadiyah N.L. Penggunaan Gesture Siswa dalam Memecahkan Masalah Matematika secara Kelompok. Tesis Program Studi Pendidikan Matematika Pascasarjana Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Dr. Subanji M.Si (II) Dr. Sri Mulyati M.Pd Kata Kunci gesture siswa memecahkan masalah masalah matematika kelompok. 12288 12288 12288 12288 Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan secara detail penggunaan gesture siswa pada saat memecahkan masalah matematika secara kelompok. Gesture siswa ini diklasifikasikan menjadi tiga yaitu gesture menunjuk gesture representasional dan gesture menulis. Penelitian ini lebih berfokus pada penggunaan gesture siswa dalam menyelesaikan masalah dari pada kebenaran kelompok dalam menyelesaikan masalah tersebut. 12288 12288 12288 12288 Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dan masuk ke dalam jenis penelitian deskriptif-eksploratif. Penelitian ini dilakukan pada siswa kelas IX-1 IX-2 dan IX-3 SMP Negeri Satu Atap Lesanpuro Malang. Subjek penelitian dipilih dari kelompok siswa yang bersifat heterogen dari segi kemampuan. Data diambil dengan merekam seluruh aktivitas siswa saat menyelesaikan masalah matematika secara kelompok. Wawancara berbasis tugas juga dilakukan pada subjek penelitian untuk memperoleh data tambahan mengenai gesture yang dilakukan. 12288 12288 12288 12288 Hasil penelitian menunjukkan bahwa gesture menunjuk merupakan gesture yang paling banyak digunakan dan gesture menulis merupakan gesture yang paling sedikit dilakukan. Ketiga gesture ini muncul di saat siswa mengalami kebuntuan dalam bekerja secara abstrak atau di saat siswa ingin menjelaskan idenya kepada orang lain. Dengan begitu gesture dapat mengurangi beban kognitif siswa dari berpikir abstrak ke berpikir konkret. Dilihat dari kepada siapa gesture itu ditujukan maka dapat disimpulkan bahwa gesture ditujukan untuk (a) diri sendiri (b) orang lain dan (c) diri sendiri dan orang lain. Dilihat dari ada atau tidak adanya ucapan yang menyertai maka dapat disimpulkan bahwa gesture dapat terjadi (a) sebelum ucapan (b) bersamaan dengan ucapan (c) setelah ucapan dan (d) tanpa ucapan. 12288 12288 12288 12288 Fungsi gesture yang dilakukan siswa dalam menyelesaikan masalah matematika secara kelompok antara lain untuk (1) mengarahkan perhatian pada aspek penting dalam masalah (2) menunjukkan posisi sesuatu dalam masalah (3) menarik memusatkan dan mempertahankan perhatian pada aspek penting yang sedang dibicarakan (4) menuliskan sesuatu yang sudah ada dalam pikiran sebagai bentuk final (5) mengongkritkan sesuatu yang sedang dipikirkan serta (6) menuntun atau mengarahkan proses berpikir. Gesture juga berfungsi untuk (1) menyampaikan sesuatu (2) menjelaskan sesuatu atau (3) menarik perhatian pada sesuatu. 12288 12288 12288 12288 Berdasarkan hasil temuan dalam penelitian ini maka disarankan agar guru memperhatikan gesture siswa dalam kegiatan pembelajaran. Dengan begitu guru dapat membantu siswa untuk mengarahkan proses berpikir siswa atau mengongkritkan apa yang ada dalam pikiran siswa sehingga dapat menyelesaikan masalah matematika yang dihadapinya.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Matematika (MAT) > S2 Pendidikan Matematika
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 23 Feb 2015 04:29
Last Modified: 09 Sep 2015 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/110536

Actions (login required)

View Item View Item