Pembelajaran kooperatif tipe STAD dengan strategi penyulingan untuk memahamkan konsep program linear pada siswa kelas XI Busana Butik SMKN 5 Malang / Dwi Paraningsih - Repositori Universitas Negeri Malang

Pembelajaran kooperatif tipe STAD dengan strategi penyulingan untuk memahamkan konsep program linear pada siswa kelas XI Busana Butik SMKN 5 Malang / Dwi Paraningsih

Paraningsih, Dwi (2015) Pembelajaran kooperatif tipe STAD dengan strategi penyulingan untuk memahamkan konsep program linear pada siswa kelas XI Busana Butik SMKN 5 Malang / Dwi Paraningsih. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

12288 12288 12288 12288 Program linear merupakan materi yang dianggap sulit oleh siswa SMK Negeri 5 Malang. Permasalahan yang dihadapi siswa adalah kesulitan dalam menentukan model matematika dari soal cerita menentukan arsiran dalam membuat grafik himpunan penyelesaian sistem pertidaksamaan linear dua variabel. Banyak siswa tidak gemar membaca tidak mau mengerjakan latihan soal maupun PR tidak mau bertanya pada teman. 12288 12288 12288 12288 Peneliti ini bertujuan mendeskripsikan penerapan pembelajaran kooperatif tipe STAD dengan strategi penyulingan yang dapat memahamkan konsep program linear pada siswa kelas XI Busana Butik SMKN 5 Malang. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK) dan terdiri dari dua siklus. Langkah-langkah yang dilakukan dalam penelitian adalah merancang instrumen mengumpulkan data menganalisis data melaporkan hasil penelitian. Lokasi penelitian adalah di SMKN 5 Malang yang beralamat di Jl. Ikan Piranha Atas Malang dan dilaksanakan pada semester genap tahun ajaran 2013/2014. Subyek penelitian adalah siswa kelas XI Busana Butik 1 SMKN 5 Malang yang terdiri dari 28 siswa perempuan. 12288 12288 12288 12288 Hasil yang diperoleh menunjukkan bahwa pembelajaran kooperatif tipe STAD strategi penyulingan dapat memahamkan konsep program linear pada siswa kelas XI Busana Butik 1 SMKN 5 Malang. Langkah-langkah pembelajaran yang dapat meningkatkan pemahaman siswa terdiri dari tiga tahap yaitu tahap awal tahap inti dan tahap akhir. Kegiatan pada tahap awal adalah menyampaikan kompetensi dasar dari program linear yang akan dipelajari tujuan pembelajaran contoh penggunaan materi program linear pada bidang keahlian busana butik materi prasyarat dan membagi kelompok heterogen. Kegiatan pada tahap inti adalah berdiskusi kelompok menyelesaikan LKS yang berisi masalah program linear yang terkait bidang keahlian busana butik dengan setiap kelompok harus berbagi tugas saling membantu memahami materi program linear yang dipelajari salah satu kelompok mempresentasikan hasil diskusi. Selesai pembahasan siswa melakukan penyulingan kata penting dari materi yang telah dipelajari. Pada saat belajar kelompok peneliti berkeliling memantau jalannya diskusi dan membimbing kelompok yang menemui kesulitan dalam menyelesaikan masalah yang sedang dipelajari. Kegiatan tahap akhir adalah membuat kesimpulan kuis menghitung poin peningkatan kelompok serta pemberian penghargaan. 12288 12288 12288 12288 Dari hasil penelitian terjadi peningkatan hasil tes dari siklus I ke siklus II. Hasil observasi aktivitas siswa dan aktivitas guru menjukkan pada katagori baik dan sangat baik. Hasil wawancara menunjukkan bahwa siswa senang belajar kelompok dapat berbaur dengan siswa berkemampuan tinggi sedang dan rendah serta lebih mudah memahami materi program linear.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Matematika (MAT) > S2 Pendidikan Matematika
Depositing User: library UM
Date Deposited: 16 Feb 2015 04:29
Last Modified: 09 Sep 2015 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/110534

Actions (login required)

View Item View Item