Diagnosis kesulitan siswa dalam menyelesaikan soal cerita terkait pertidaksamaan kuadrat dengan menggunakan mapping mathematics dan scaffolding-nya / Marlin Blandy Mananggel - Repositori Universitas Negeri Malang

Diagnosis kesulitan siswa dalam menyelesaikan soal cerita terkait pertidaksamaan kuadrat dengan menggunakan mapping mathematics dan scaffolding-nya / Marlin Blandy Mananggel

Mananggel, Marlin Blandy (2015) Diagnosis kesulitan siswa dalam menyelesaikan soal cerita terkait pertidaksamaan kuadrat dengan menggunakan mapping mathematics dan scaffolding-nya / Marlin Blandy Mananggel. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Mananggel Marlin Blandy 2015. Diagnosis Kesulitan Siswa dalam Menyelesaikan Soal Cerita terkait Pertidaksamaan Kuadrat dengan Menggunakan Mapping Mathematics dan Scaffolding-nya. Tesis. Program Studi Pendidikan Matematika Pascasarjana Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Prof. Akbar Sutawidjaja M.Ed. Ph.D. (II) Dr. I Nengah Parta S.Pd. M.Si. Kata kunci diagnosis soal cerita pertidaksamaan kuadrat mapping mathematics scaffolding 12288 12288 12288 12288 Diagnosis merupakan suatu proses penting dalam pembelajaran yang harus dilakukan oleh guru. Dengan mendiagnosis kesulitan siswa secara tepat guru dapat mengetahui lebih banyak faktor penyebab kesulitan siswa dan merancang bantuan yang dapat mengatasi kesulitan tersebut. Berdasarkan hasil wawancara dengan guru matematika kesulitan yang sering dialami siswa adalah menyelesaikan soal cerita terkait pertidaksamaan kuadrat. Siswa seringkali salah dalam memahami masalah dan menentukan bentuk matematis yang sesuai. Penelitian ini bertujuan untuk 1) mengkaji kesulitan siswa dalam menyelesaikan soal cerita terkait pertidaksamaan kuadrat 2) mendiagnosis penyebab kesulitan siswa tersebut dan 3) mendeskripsikan bentuk scaffolding untuk mengatasi kesulitan siswa tersebut. 12288 12288 12288 12288 Penelitian ini menggunakan rancangan penelitian deskriptif-kualitatif untuk menjawab pertanyaan di atas. Dalam hal ini peneliti adalah instrumen utama. Data penelitian ini adalah pekerjaan tertulis dan ungkapan verbal subjek penelitian dalam wawancara dan pemberian scaffolding. Dalam mengumpulkan data peneliti menggunakan lembar tes diagnostik dan tes pemahaman pedoman wawancara dan pedoman scaffolding serta catatan lapangan. Dalam penelitian ini triangulasi sumber data diterapkan untuk mengecek keabsahan data. 12288 12288 12288 12288 Scaffolding diberikan sesuai dengan penyebab kesulitan siswa. Bentuk scaffolding yang diberikan berupa explaining reviewing dan restructuring serta developing conceptual thinking. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dengan scaffolding yang tepat kesulitan siswa telah berkurang bahkan ada dua subjek yang sudah tidak mengalami kesulitan lagi yaitu subjek dari kelompok tinggi. Sedangkan dua subjek lainnya mengalami kesulitan pada tahap ke-3 yaitu kesalahan dalam menentukan akar-akar persamaan kuadrat dan dua subjek lainnya lagi mengalami kesulitan pada tahap ke-4 yaitu kesalahan dalam menuliskan kesimpulan. Oleh karena kajian dalam penelitian ini masih terbatas maka perlu adanya kajian yang lebih mendalam dengan semua level scaffolding Anghileri.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Matematika (MAT) > S2 Pendidikan Matematika
Depositing User: library UM
Date Deposited: 12 Feb 2015 04:29
Last Modified: 09 Sep 2015 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/110533

Actions (login required)

View Item View Item