Pengembangan buku siswa bercirikan realistic mathematics education pada materi bangun ruang sisi datar kelas VIII SMP / Luluk Dwi Oktrianingsih - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengembangan buku siswa bercirikan realistic mathematics education pada materi bangun ruang sisi datar kelas VIII SMP / Luluk Dwi Oktrianingsih

Oktrianingsih, Luluk Dwi (2015) Pengembangan buku siswa bercirikan realistic mathematics education pada materi bangun ruang sisi datar kelas VIII SMP / Luluk Dwi Oktrianingsih. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Oktrianingsih Luluk Dwi. 2014. Pengembangan Buku Siswa Bercirikan Realistic Mathematics Education Pada Materi Bangun Ruang Sisi Datar Kelas VIII SMP. Tesis. Jurusan Pendidikan Matematika Pascasarjana Universitas Negeri Malang. Pembimbing (1) Prof. Dr. Ipung Yuwono M.S. M.Sc. (2) Dr. Makbul Muksar S.Pd. M.Si. Kata kunci pengembangan buku siswa realistic mathematics education bangun ruang sisi datar Buku pelajaran matematika dapat digunakan siswa untuk mempelajari konsep-konsep matematika. Kondisi nyata di SMPN Satu Atap Merjosari buku pegangan siswa khususnya pada materi bangun ruang sisi datar hanya digunakan untuk mengerjakan soal. Buku siswa yang ada kurang memuat masalah nyata yang penyelesaiannya dapat menuntun siswa menemukan kembali konsep matematika. Pengembangan ini bertujuan untuk menghasilkan buku siswa bercirikan Realistic Mathematics Education pada materi Bangun Ruang Sisi Datar di kelas VIII yang valid praktis dan efektif. Karakteristik Realistic Mathematics Education yang termuat dalam buku siswa meliputi (1) menggunakan konteks (2) menggunakan model-model (3) kontribusi dari siswa (4) interaktif (5) keterkaitan antar topik. Pengembangan buku siswa ini melalui tahapan pengembangan model Plomp yaitu penelitian awal (prelimenary research) fase prototipe (prototyping phase) dan fase penilaian (assesment phase). Pada fase penilaian buku siswa diukur tingkat kevalidannya oleh validator sebelum diujicobakan. Setelah dilakukan validasi dan perbaikan berdasarkan saran validator buku siswa dinilai tingkat kepraktisan dan keefektifannya dalam uji coba lapangan. Kepraktisan diperoleh melalui lembar observasi keterlaksanaan buku siswa. Sedangkan untuk keefektifan buku siswa diukur berdasarkan hasil tes siswa dan angket respon buku siswa. Pengembangan ini telah menghasilkan buku siswa yang valid berdasarkan penilaian dari tiga orang validator yaitu ahli materi pelajaran ahli teori pembelajaran Realistic Mathematics Education dan guru matematika. Setelah melalui proses validasi dan revisi buku siswa kemudian diujicobakan kepada siswa SMPN Satu Atap Merjosari Malang untuk menilai kepraktisan dan keefektifannya. Hasil ujicoba diperoleh tingkat keterlaksanaan buku siswa termasuk dalam kategori tinggi sehingga dapat disimpulkan bahwa buku siswa yang dikembangkan praktis. Berdasarkan hasil tes belajar siswa diperoleh data dari 38 siswa 34 siswa mendapatkan nilai minimal 75 dan 4 siswa mendapat nilai kurang dari 75. Dari data tersebut diperoleh hasil persentase ketuntasan belajar siswa secara klasikal sebesar 89 5% sehingga memenuhi kriteria yaitu nilai hasil tes siswa minimal 75 dengan ketuntasan klasikal 80%. Sedangkan untuk respon siswa berdasarkan analisa data angket diperoleh respon siswa positif. Sehingga dari hasil analisa ketuntasan belajar siswa dan respon siswa diperoleh kesimpulan bahwa buku siswa yang dikembangkan efektif.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Matematika (MAT) > S2 Pendidikan Matematika
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 12 Feb 2015 04:29
Last Modified: 09 Sep 2015 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/110532

Actions (login required)

View Item View Item